Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Warga Sambut Antusias GPM, Dua Setengah Jam Langsung Ludes Terjual

Kamis, 07 Maret 2024 | 09:39 WIB Last Updated 2024-03-07T02:39:40Z

 


Bupati Suhatri Bur Saat Acara Bazar


PADANGPARIAMAN ----  Program Gerakan Pangan Murah (GPM)yang digelar jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Padangpariaman, kemarin di Pasar Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung terlihat  mendapat sambutan luas dari berbagai lapisan masyarakat di daerah itu. Terbukti, tidak lebih dari dua setengah jam saja, semua bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau itu langsung ludes dibeli warga.


Makanya tak ayal, melihat tingginya animo warga mendatangi dan berbelanja di stand pangan murah itu,  membuat bupati Suhatri Bur terlihat begitu terharu dan terenyuh. "Ke depannya, kegiatan pangan murah ini bisa mungkin bisa digelar secara rutin, mungkin melibatkan jajaran OPD lainnya yang ada di lingkungan Pemkab Padangpariaman ini. Secara pribadi saya juga siap untuk ikut berpartisipasi," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.


Katanya, tingginya animo warga datang berbelanja ke stand pakan murah tersebut tentu bukannya tanpa alasan. Pasalnya, kegiatan tersebut jelas-jelas sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab,  kegiatan itu sangat membantu meringankan beban ekonomi yang membebani kehidupan mereka sehari-hari, terutama akibat dampak naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok yang terjadi belakangan ini.


"Saya juga berharap Kegiatan ini hendaknya mampu menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan  sekaligus sebagai langkah untuk bisa menekan angka Inflasi di yang ada di daerah ini," ujarnya.


Ditambahkan, sudah lumrah terjadi, beberapa saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti bulan puasa Ramadhan tahun ini, biasanya trend harga pangan cenderung meningkat.  "Karena itu, kita sangat mengapresiasi event seperti ini, apalagi kegiatannya bertepatan dengan momen menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan," imbuh Suhatri Bur.

 

Data yang dihimpun melalui Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman Irawati Febriani, SP.MSi, dan Kabid Ketahanan Pangan, Taufiq S.Pt diketahui, beberapa jenis bahan pangan yang dijual Rabu kemarin antara lain, telur, beras, minyak goreng, cabe dan aneka sayuran lainnya. Demikian pula gula, dan tepung terigu. "Dalam kegiatan ini kita sengaja membagikan ratusan kupon kepada warga, dimana setiap pemegang kupon bisa mendapatkan nilai manfaat sekitar Rp.10 ribu perkuponnya," ungkap  Irawati.


Khusus untuk jenis beras yang dijual, menurut Irawati terlaksana atas kerjasama dengan pihak Bulog, sedangkan untuk jenis telur bekerjasama dengan PT. JAFFA. Kegiatan GPM yang digelar kemarin menurutnya, merupakan  program dari BAPANAS RI yang terselenggara atas kerjasama dengan TPID Padangpariaman, Lembaga Baznas Padangpariaman, PT.  JAPFA, Perum Bulog, serta stakeholder dan pedagang tempatan lainnya. Demikian pula dukungan dari Bank Nagari dan Bank Mandiri lainnya.


Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman Yurisman juga berharap, kegiatan GPM yang digelar  kemarin juga tidak terlepas untuk menjaga stabitas harga pangan di pasaran, demikian pula untuk mengendalikan laju inflasi di daerah ini.


"Karena itulah dalam kegiatan ini kita turut menggandeng kerjasama dengan sejumlah mitra, sehingga seperti diakui Pak Bupati yaitu bagaimana  masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih dengan membeli bahan kebutuhan pokok atau pangan dengan harga yang lebih terjangkau. Makanya karena manfaatnya sangat dirasakan masyarakat, insya Allah ke depannya kegiatan seperti ini kembali bisa digelar, termasuk bekerjasama dengan OPD terkait serta stakeholder lainnya," tambahnya. (ris)

×
Berita Terbaru Update