Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Serahkan Bantuan Rp 15 Juta, Mentri Koordinator PMK Datang Korban Musibah Banjir

Minggu, 17 Maret 2024 | 11:12 WIB Last Updated 2024-03-17T04:43:25Z
Bupati Suhatri Bur Bersama Menko PMK Muhajir Effndi Saat Serahkan Proposal Untuk Dana DED saat lunungi Korban Bencana MUsibah Banjir 


PADANGPARIAMAN  ---  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengucapkan rasa terimakasih atas kunjungan Menko PMK RI Muhajir Effendi ke Padangpariaman, karena kepedulian pemerintah melalui Menko PMK yang memberikan bantuan dan hadir langsung di tengah tengah masyarakat yang ditimpa musibah bencana alam salah satunya dalam daerahnya Sumatera Barat.


"Kita langsung sambut kedatangan Bapak Mentri PMK Muhajir Effendi ini untuk melihat bagaimana kondisi Padangpariaman pasca diterjang musibah banjir," kata Bupai Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai menyambut kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy di Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam.


Dia ucapkan terimakasih atas kunjungan Menko PMK, ke Padangpariaman yang hadir memberikan bantuan dan hadir langsung di tengah tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khsusnya di Padangpariaman. "Atas nama masyarakat Kabupaten Padangpariaman kita  ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Menko yang telah hadir dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, ini akan meringankan beban disaat penanganan Darurat ini," ujarnya.


Artinya, gerak cepat Bupati Padangpariaman dalam penanganan bencana maupun pasca bencana ini, menjadi perhatian serius dari Kemenko PMK, hal tersebut dibuktikan dengan loby dan pendekatan Suhatri Bur yang telah mendatangkan Menteri dan pejabat setingkat Menteri ke Kabupaten Padangpariaman.


Mulai Kepala BNPB RI Letjend Suharyanto menyerahkan bantuan penanggulangan bencana sebesar 250 juta rupiah serta logistik Kebencanaan untuk Kabupaten Padangpariaman, Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan santunan korban longsor Korong Lapau Jambu, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan masing masing sebesar 15 juta rupiah serta merekomendasikan anak korban untuk bekerja di BLK Kementerian Sosial.  


Searang katanya, Menteri Koordinator PMK Muhajir Effendy menyampaikan santunan korban banjir Pesisir Selatan yang merupakan warga Padangpariaman, dan mengakumulasi seluruh permasalahan kebencanaan di Kabupaten Padangpariaman dibawa dalam rapat koordinasi tingkat Menteri untuk membahas usulan dan strategi penanganan bencana yang berkepanjangan di Kabupaten Padangpariaman. 


Tampak Hadir menyambut kedatangan Menko PMK, unsur Forkompinda Padangpariaman, Kajari Pariaman, Sekretaris Daerah Padangpariaman Rudy Repenaldi Rilis, Asisten Adm Pembangunan dan Kesra Zainil, Ka Dinsos P3A Sumarni, Kepala Pelaksanan BPBD Padangpariaman Budi Mulya beserta Jajaran beserta Jajaran, Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Camat V Koto Kampung Dalam, Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan,


Sementara Menko PMK Muhadjir Effendy apresiasi atas penanganan bencana yang dilakukan pemerintah Provinsi Sumatera dan khusus Kabupaten Padangpariaman yang cepat tanggap bersama tim terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan bencana. 


"Saya Apresisi Pak Bupati dan jajaran serta semua pihak yang terlibat langsung dalam proses evakuasi dan penanganan korban bencana baik itu bencana banjir dan Longsor yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Padangkpariaman," ujarnya.


Di samping itu, Muhadjir juga meminta agar pemerintah Daerah Padangpariaman agar melakukan pendataan kebutuhan bantuan yang sifatnya mendesak, serta mendata secara rinci dampak kerusakan yang disebabkan oleh banjir yang terjadi pada 7 dan 8 Maret 2024 lalu.


"Saya minta  Kepada Pak Bupati beserta jajaran untuk melakukan pendataan dan inventarisasi kebutuhan, menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebagai pengajuan bantuan untuk kemudian ditindaklanjuti di tingkat Kementerian, nantinya," ungkap Muhadjir 


Kemudian Muhajir Effendi menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam kepada korban yang meninggal dunia dan yang terdampak musibah dan bencana yang terjadi di Sumatera Barat khususnya di Padangpariaman.


Menko PMK Muhadjir tidak hanya memberikan  dukungan moral  dan duka cita yang mendalam saja, tetapi sekaligus menyerahkan bantuan langsung dan santunan uang tunai masing- masing sebanyak Rp 15 juta kepada  keluarga korban yang meninggal dunia pada bencana banjir di kabupaten Pesisir selatan, yang merupakan warga Kabupaten Padangpariaman. 


Diketahui dari data sementara tercatar 4 ( empat) warga  Padang Pariaman yang meninggal dunia akibat musibah banjir dan longsor yang terjadi Kabupaten Pesisr Selatan, mereka adalah Tasnil (laki laki) 54 tahun, Zahani (perempuan) 54 tahun keduanya warga Kecamatan Koto Kampung Dalam, Arief Firman Rianto (laki laki) 25 tahun, warga Kecamatan Sungai Geringging, dan Andra Rahman (laki laki) 23 tahun warga Nagari Pilubang Kecantan Sungai Limau.(eri)






×
Berita Terbaru Update