Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mobil Tangki Antarkan Air Bersih, Optimalisasi Pipa JDU Lagi Pengerjaan Pasca Diterjang Banjir

Minggu, 24 Maret 2024 | 09:32 WIB Last Updated 2024-03-24T02:32:45Z
Mobil Tangki Perusda Air Bersih Tirta Anai Salurkan Air Bersih Pada Rumah Masyarakat Pasca Musibah Banjir


PADANGPARIAMAN  -----  Direktur Perusda Air Minum Tirta Anai Padangpariaman Aminuddin menyatakan pasca musibah banjir yang terjadi baru baru dalam daerahnya mengakibatkan banyak pipa pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) mengalami kerusakan. Akibat kondisi demikian aliran air kepada pelanggan mengalami gangguan.



Sehingga mobil tangki pembawa air bersih terpaksa lalu lalang antarkan air bersih kepada rumah rumah pelanggan Perusda Air Minum Tirta Anai Padangpariaman, seperti pelanggan di Kecamatan Batang Anai. Pasalnya, pelanggan di Kecamatan Batang Anai ada sekitar 7000 rumah pelanggan yang terganggu aliran air bersihnya. 



"Sekarang kita lagi melaksanakan optimalisasi pipa JDU khusus Batang Anai dan berberapa kecamatan yang mengalami gangguan, karena tingkat pertumbuhan sambungan rumah tinggi disana cukup tinggi, karena itulah air bersih tetap sampai ke rumah pelanggan dengan mobil tangki setiap harinya," kata Direktur Perusda Air Minum Tirta Anai Padangpariaman Aminuddin, kemarin.  



Katanya, ada berberapa kawasan yang hampir setiap tahunnya selalu terkendala untuk mendapatkan pasokan air, karena sering pipa JDU diterjang bencana musibah banjir. Akibatnya, pelanggan di kawasan ini biasanya mengeluhkan saluran air yang mereka miliki seakan tak berfungsi, karena pipa JDU dibawa air musibah banjir.  



Mengantisipasi masalah ini terus terulang, Perusda Air Bersih Tirta Anai Padangpariaman saat ini terus melakukan optimalisasi saluran-saluran pipa yang sudah terpasang maupun dengan mengenjot program lainnya dengan perbaikan pipa JDU. "Harapan kia dengan upaya ini, dampak kerusakan pipa JDU bisa kita minamilisir," ungkapnya.



Kemudian lagi katanya, saat ini, sudah ada 7000 sambungan rumah yang dapat merasakan aliran air dari Perusda Air Bersih Tirta Anai Padangpariaman khusus Kecamatan juga ada Bandara Internaisonal Minangkabau (BIM). Kendati demikian, letak geografis Kabupaten Padangpariaman yang sering diterjang air hujan yang rentan terjadi musibah banjir.



"Kondisi tersebut yang sering menjadi kendala tersendiri dalam penyaluran air. Meski begitu air bersih tetap sampai ke rumah rumah pelanggan, walau hanya dengan mobil tangki.  Sehingga perlu dilakukan optimalisasi pipa JDU tersebut agar aliran air besih kepada pelanggan kembali lancar seperti semula," ujarnya.



Lebih lanjut Aminuddin mengatakan, saat ini ada 7000 sambungan rumah yang menjadi pelanggan Perusda Air Bersih Tirta Anai Padangpariaman untuk Kecamatan Batang Anai. Makanya, pasca musibah banjir ini pipa-pipa saluran air lagi dibenahi dan air yang keluar sudah bisa dimanfaatkan sekitar satu minggu lagi.



“Saluran-saluran yang mengalami gangguan karena bencana banjir baru baru ini juga kita benahi dan terus dikembangkan salurannya. Apalagi kendala lain yang dihadapi yakni berkaitan dengan pipa JDU yang tertanam puluhan tahun itu sudah banyak yang keropos akibat dimakan usia. Namun kita tetap terus melakukan upaya terbaik untuk perusahaan ini," tandasnya. (Aminuddin)

×
Berita Terbaru Update