Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rekat Semangat Persatuan Warga Kecamatan V Koto Timur Antusian Giatkan Goro Rutin

Selasa, 06 Februari 2024 | 20:53 WIB Last Updated 2024-02-06T13:54:35Z
Bupati Suhatri Bur Saat pelantikan Camat Buyung Rayo



PADANGPARIAMAN-Masyarakat nagari di sekitar daerah Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padangpariaman akhir-akhir ini terlihat makin menggiatkan program gotong-royong membersihkan lingkungan maupun berbagai fasilitas umum yang ada di Kecaatan V Koto Timur.

Seperti diakui Camat V Koto Timur saat menjawab pertanyaan wartawan kemarin, program gotong-royong yang digelar di Kecaatan V Koto Timur rutin digelar minimal sekali dalam sebulan. "Dalam pelaksanaannya goro tersebut dipergilirkan antara satu korong dengan korong lainnya," terang Buyung Rayo.

Ditegaskan dalam praktiknya kegiatan goro rutin yang sangat antusias diikuti oleh berbagai elemen masyarakat korong dan nagari di sekitar Kecamatan V Koto Timur itu belakangan banyak melahirkan hal positif. Tidak hanya berdampak terhadap kebersihan dan ketertiban lingkungan namun juga banyak hal positif lainnya, seperti semakin terjalinnya semangat kebersamaan dan persatuan di tengah kehidupan masyarakat, di samping lahirnya kepedulian masyarakat terhadap pentingnya memelihara kebersihan lingkungan.

"Makanya seperti diketahui, program goro bersama ini kan merupakan salah satu program unggulannya Bupati Padangpariaman, Pak Suhatri Bur. Sebab beliau sangat menyadari betul bahwa semangat gotong royong  yang telah menjadi bagian penting dari budaya dan tradisi masyarakat kita di Minangkabau selama ini, yang diwariskan  secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bahkan masih tetap bertahan hingga detik ini," terangnya.

Di pihak lain, hal yang cukup menarik dari pelaksanaan goro rutin yang digelar dann diikuti pihaknya bersama berbagai masyarakat di sekitar wilayah Kecamatan V Koto Timur, belakangan bahkan mampu menumbuhkan kesadaran dan semangat lebih dari warga sekitar.

"Buktinya meski kegiatan goro tersebut telah diagendakan sekali dala sebulan, namun ada korong yang meminta agar kegiatan itu kembali digelar satu minggu setelahnya. Ini sekaligus membuktikan bahwa masyarakat kita ternyata sangat merespon kegiatan goro yang digelar di daerah mereka," terangnya.

Bahkan tidak hanya sebatas itu saja, dengan cara berbaur bersama warga saat kegiatan goro berlangsung, pihaknya selaku Camat  juga bisa mendapatkan banyak masukan maupun aspirasi dasri warga, dan selanjutnya berbagai aspirasi yang diterima pihaknya itu selanjutnya akan ditindaklanjuti dan disalurkan langsung melalui pihak terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

"Jadi sebenarnya banyak sekali anfaat yang diperoleh dari kegiatan goro tersebut. Prinsipnya melalui kegiatan goro tersebut  tentunya juga diharapkan bisa menjadi perekat semangat persatuan di kalangan warga di daerah itu. Terlebih saat bangsa kita bakal menghadapi pesta demokrasi pemilu tahun 2024. Dimana pilihan boleh saja berbeda, naun semangat persatuan dan kesatuan tentunya harus tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Jangan hendaknya hanya karena perbedaan pilihan  lalu menimbulkan terjadinya gesekan dan pertikaian di tengah asyarakat," terangnya.

Hal itulah lanjut Buyung Rayo yang selalu rutin disampaikan dan diingatkan pihaknya dalam berbagai forum pertemuan maupun saat momen atau kegiatan penting lainnya. (yurisman malalak).

×
Berita Terbaru Update