Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KPU Padang Pariaman Gelar Bimtek dan Simulasi Putung Sura serta Penggunaan Sirekap Pemilu 2024

Rabu, 27 Desember 2023 | 22:00 WIB Last Updated 2023-12-27T15:16:40Z


PADANG PARIAMAN
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dan simulasi terkait pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi hasil pemungutan suara serta penggunaan Sirekap pada Pemilu 2024.

Bimtek dan simulasi dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu - Kamis (27-28/12/2023) yang digelar di Ballroom Hotel The ZHM Premiere Kota Padang .

Ketua KPU Kabupaten Padang Pariaman Zainal Abidin melalui Divisi Teknis Roza Mendes didampingi Divisi Hukum, Sutan Syarif dan Divisi Data, Doni menyampaikan, kegiatan ini dihadiri peserta dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Padang Pariaman.

Menurutnya, pelaksanaan bimtek dan simulasi ini sengaja digelar dalam dua hari karena ada beberapa materi yang harus disampaikan untuk KPPS nanti.

"Kegiatan kita hari ini sesuai dengan amanat KPU RI dan KPU Provinsi, kita harus melaksanakan bimtek dan simulasi untuk PPS. Alhamdulillah, hari ini dan besok kita akan melaksanakan bimtek untuk PPS," ujarnya.

Ia menjelaskan simulasi pemungutan, perhitungan suara, dan penggunaan Sirekap pada Pemilu 2024 bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat umum, termasuk penyelenggara tentang proses pemungutan, perhitungan dan penggunaan Sirekap pada Pemilu 14 Februari 2024.

"Kegiatan tersebut merupakan arahan dari KPU RI yang bertujuan untuk menyiapkan perangkat penyelenggara pemilu yang andal, mengetahui regulasi, paham tugas, dan fungsinya," kata Mendes.

Ia menyebut materi yang disimulasikan nanti akan ditularkan kepada KPPS, sehingga mereka bisa menyelenggarakan pemungutan suara di TPS dengan baik. (nal)


×
Berita Terbaru Update