Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Baznas Bangkitkan Perekonomian Umat, Wujudkan Generasi Produktif dan Inovatif

Kamis, 14 Desember 2023 | 08:44 WIB Last Updated 2023-12-14T01:44:06Z

Baznas saat Serahkan Bantuan 

PADANGPARIAMAN ----   Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padangpariaman adakan Santri Preneur merupakan program pemberdayaan UMKM yang ditujukan kepada santri untuk mewujudkan generasi yang produktif, inovatif, tangguh dan mandiri secara ekonomi sesuai dengan syariah. 


Kegiatan ini dihadiri oleh 10 Pondok Pesantren se Kabupaten Padangpariaman untuk menerima alat mesin jahit portable. Baznas Padangpariaman selain mendistribusikan alat mesin jahit kepada santri penerima manfaat, santri langsung dilatih dan dipandu oleh mentor khusus di bidang menjahit dari perusahaan mesin Singer.


"Beberapa hal diajarkan dalam pelatihan tersebut, mulai dari cara mengoperasikan mesin, bagaimana memasang benang pada mesin, hingga teknik-teknik membuat produk menggunakan mesin jahit," kata Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian Zulfahmi, kemarin.


Dia juga menjelaskan, melalui program ini santri hendaknya mempunyai bekal keahlian dalam bidang prekonomian ponpes maupun santri.


"Dari pelatihan ini santri bisa punya ilmu-ilmu baru dan mereka bisa mendapatkan bidang ekstrakurikuler yang baru yang mampu menunjang untuk kegiatan santri ke depan," jelasnya, kemarin.


Sementara itu, pendamping dari Ponpes Al Ukhuah Yola mengapresiasi pelatihan dan bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk para santri, berharap para santrinya ketika lulus dari pesantrennya tidak hanya pandai mengaji, tetapi juga memiliki keahlian untuk bisa membuka lapangan usaha dalam bidang menjahit.


"Saya merasa bangga karena mimpi yang terwujud melalui bantuan Baznas Padangpariaman kami bisa memberikan kegiatan tambahan untuk para santri, kami akan bina semaksimal mungkin sehingga santri mempunyai produk unggulan bisa menciptakan daya jual beli," ujar Yona.


Santriwati Ponpes Bustanul Yakin Helfiah berterimaksih kepada Muzaki yang telah berzakat ke Baznas Padang sehingga merasakan keberkahannya.


"Alhamdulilah, terimakasih muzaki sampai kami menerima bantuan mesin jahit melalui bantuan dari Baznas Padangpariaman yang sangat bermanfaat kami, dan kami akan mengajarkan kepada rekan rekan santri yang lain supaya sama sama mempunyai keahlian," syukur dari Helfiah.


Dalam hal ini, ketua Baznas Padangpariaman Rahmat, Tk.Sulaiman berpesan agar dimanfaatkan di lingkungan Pondok Pesantren sehingga memberikan pembelajaran bagi santri serta mendorong munculnya ide bisnis yang kreatif, menginspirasi, serta perubahan positif dalam membantu produk perekonomian umat. (nn)


×
Berita Terbaru Update