Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ade Rezki Pratama bersama BKKBN Imbau Masyarakat Sungai Limau Tidak Melakukan Pernikahan Dini

Sabtu, 30 September 2023 | 16:43 WIB Last Updated 2023-10-03T11:45:39Z

Sosialisasi KIE Program Bangga Kencana bersama mitra kerja di Sungai Limau.

PADANG PARIAMAN
- Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pernikahan dini, karena ini akan berpotensi melahirkan anak dengan pertumbuhan tidak normal atau stunting. 


Hal itu disampaikan saat melakukan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja di Hall Arma Badminton di Kecamatan Sungai Limau, Sabtu (30/9) 


Ia menjelaskan, pasangan usia muda diperkirakan belum siap untuk mengalami kehamilan, terkait dengan organ rahim, ukuran pinggul yang belum maksimal sebagai jalur persalinan yang belum memenuhi syarat untuk melahirkan. 


Berdasarkan catatan di sejumlah daerah di Sumatera Barat, katanya, terjadi penurunan angka pernikahan dini, namun masih ada beberapa kasus pernikahan pasangan muda sampai saat ini. Maka dari itu salah satu penyebab terjadinya stunting yakni pernikahan dini.


Sementara itu, Sutriningsih dari BKKBN menyampaikan Sumbar masih masuk dalam daftar provinsi yang tinggi angka stunting di Indonesia, hal ini disebabkan adanya peningkatan angka stunting pada 7 daerah di Sumbar.


Ia menilai tingginya angka stunting di Sumbar, perlu sekali program pencegahan stunting. Mulai dari ibu hamil, calon pasangan suami istri, ibu hamil, baduta dan balita. Pencegahan itu bisa diwujudkan secara bersama-sama mulai dari unsur pemerintah hingga masyarakat.


“Masyarakat tidak perlu takut, kami sedang berupaya untuk terus melakukan sosialisasi, edukasi dan koordinasi. Saya harap tahun 2024 target angka stunting 14 persen di Sumbar bisa terwujud,” jelasnya. (nal)



×
Berita Terbaru Update