Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Deklarasi Pemilu Damai 2024, Wujudkan Dengan Komitmen Nyata Agar Situasi Kamtibmas Terjaga

Selasa, 05 September 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2023-09-05T04:00:21Z

Bupati,Walikota, Wabup seta Kapolres dan undangan lainnya saat bacakan deklarasi pemilu damai 2024

PADANGPARIAMAN   -----   Walaupun berbeda partai politik dalam pemilihan umum ( pemilu ) tahun 2024, kemarin, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama Walikota Pariaman H Genius Umar dan Forkompinda meminta kepada semua pihak agar selalu menjaga situsi kamtibmas  dalam wilayah hukum Polres Pariaman maupun Polres Padangpariaman. 


"Sehingga terwujudlah Pemilihan Umum ( Pemilu ) yang aman dan jujur dan adil dalam pelaksanaannya. Sehingga wilayah Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman selalu aman dan lancar," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai deklrasi Pemilu Damai tahun 2024


Katanya, kondusifitas di Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman melalui deklarasi ini harus disambut baik dan dukung bersama dan bukan hanya sebagai wacana atau slogan belaka, tetapi harus benar-benar diwujudkan dalam bentuk komitmen nyata.


Dikatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada tahun politik cenderung memanas, kondisi tersebut tidak hanya tanggung jawab kepolisian bersama TNI dan pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, ormas dan calon peserta pemilu beserta pendukungnya dan partai politik.


"Dengan adanya deklarasi Pemilu damai hendaknya Pemilu di Kabupaten Padangpariaman dan Kota Parimaan dapat terselenggara secara damai dan optimal. Kami menghimbau peserta Pemilu agar bisa menunjukkan sportifitas dan yang paling utama adalah santun berkampanye dalam mencari simpati masyarakat, agar masyarakat bisa meningkatkan partisipasi untuk mengikuti Pemilu," ujarmnya.


Suhatri Bur yang pernah menjadi Komisioner KPU itu juga menghimbau  Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di Padangpariaman maupun Kota Pariaman, kepolisian dan TNI untuk menjaga netralitas dan meminta masyarakat untuk memiliki integritas, karena seorang pemilih memiliki hak konstitusional yang digunakan dengan penuh tanggung jawab.


Kondisi demikian penting dilakukan semua pihak, walau berbeda partai politik dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti tetap menjaga  harmonis dengan semua pihak, sehingga terwujud pemilu damai dan tidak ada pertikaian dengan semua peserta.


"Sehingga deklarasi pemilu damai tahun 2024 ini penting kita laksanakan, dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Padangpariaman dan Polres Pariaman," ujarnya.


Apalagi katanya, deklarasi pemilu damai 2024 berguna untuk antisipasi potensi kerawanan jelang tahapan inti Pemilu 2024 dalam daerah ini.


Kemudian dilaksanakan pembacaan deklarasi pemilu damai 2024 secara bersama sama dan diteruskan secara bergantian semua pihak yang hadir membubuhkan tanda tangan komitmennya dalam mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, melaksanakan Pemilu yang aman dan tertib serta melaksanakan tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perudang-undangan yang berlaku.  (nn)



×
Berita Terbaru Update