Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Suhatri Bur : Petani Perlu Pendidikan SLI, Dapat Tingkatkan Hasil Panen Masyarakat Petani

Kamis, 14 September 2023 | 09:11 WIB Last Updated 2023-09-14T02:11:54Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara

PADANGPARIAMAN ----   Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan  Sekolah Lapang Iklim Operasional (SLI-Op)  yang dilaksanakan di Kenagarian Toboh Gadang, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman dapat meningkatkan hasil panen para petani.


"Hasil kajian dan pembutktian di berberapa lokasi selama ini SLI OP telah terbukti  hasil produksi tanaman padi petani mengalami peningkatan hampir 37 persen di luas tanah satu hektare," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, saat acara.


Katanya, dengan telah telah terjadi peningkatan terhadap produksi tanaman setelah dilakukan SLI. Peningkatan hampir mencapai 37 persen dari biasanya.  Dengan SLI ini petani dapat antisipasi terjadi gagal panen atau fuso. 


Jadi katanya, ini menjadi langkah nyata bagi para petani, langkah nyata bahwa para petani siap menghadapi perubahan iklim dan mereka bisa menyesuaikan terhadap perubahan iklim terkait dengan hal-hal yang bisa mengganggu tanaman.


Lebih jauh dikatakan dalam kelompok tani al  muktaqin Toboh Gadang ini juga diberikan materi-materi yang terkait pemahaman tentang iklim dan cuaca serta hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman. 


"Di SLI juga diajarkan terkait dengan waktu tanam yang baik sesuai dengan pertukaran cuaca atau iklim," ujarnya. 


Sementara Kepala Stasiun Iklim Kelas II Sumatera Barat Heron Tarigan mengatakan BMKG telah melakukan SLI berbagai tanaman di berbagai daerah dalam Provinsi Sumattra Barat


Dikatakan,  SLI juga telah dilakukan sejak tahun 2011. Bahkan sudah 400 petani yang disasar. Tahun ini akan terus ditingkatkan .


Apalagi katanya, untuk Padangpariaman telah  diadakan SLI ini untuk tanaman padi beberapa tahun lalu hingga sekarang dan beberapa daerah di Sumbar.


"Harapan kita dengan adanya SLI ini di Sumatera Barat petani ke depannya lebih menjadi sejahtera dengan peningkatan produksi pertanian dengan proses pertanian berbasis iklim yang ditambah lagi dengan pengetahuan hama penyakit," ucapnya. 


Selain itu, tidak hanya bermanfaat terhadap kesejahteraan petani tetapi juga keselamatan karena masyarakat petani terutama para petani dan penyuluh diberikan edukasi terhadap bencana hidrometeorologi. 


Bagaimana cara mengantisipasi bencana tersebut sehingga mereka menjadi tahu cuaca saat sekarang ini seperti apa mengenai iklim dan sebagainya sehingga mereka bisa menentukan sikap untuk melakukan tanaman apa yang cocok untuk cuaca tersebut. 


"Itu merupakan langkah-langkah positif yang perlu ditularkan kepada petani lainnya dari petani yang telah mendapatkan Penyuluhan tentang iklim jika masyarakat semuanya telah teredukasi maka masyarakat petani di Sumatera Barat akan lebih sejahtera," tandasnya mengakhiri . (nn)


×
Berita Terbaru Update