Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hindari Penyakit Masyarakat Bagi Generasi Muda Bangsa, Lestarikan Kesenian Minangkabau

Minggu, 06 Agustus 2023 | 09:43 WIB Last Updated 2023-08-06T04:34:12Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara Alek Nagari

PADANGPARIAMAN --------  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan memlestarikan kesenian minangkabau sangat berguna agar tidak hilang ditelan zaman. Bahkan dengan mengalakan kesenian tradisional minangkabau generasi muda bangsa tidak akan lupa dengan sejarah dan terhindari dari berbagai penyakit masyarakat.


"Bahkan generasi muda bangsa akan terhindar dari berbagai penyakit masyarakat, seperti pengaruh narkoba. Kalau generasi muda kita telah terhindar dari berbagai penyakit masyarakat otomatis mereka akan tumbuh sebagai generasi yang siap melanjutkan program program pembangunan bangsa ini untuk lebih baik lagi," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai menutup  acara alek nagari di Laga Laga Ampalu Tinggi, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padangpariaman.


Untuk itu katanya, ia sangat mnedukung kegiatan alek nagari yang dilaksanakan masyarakat Ampalu Tinggi ini. Apalagi dalam kegiatan ini menampilkan kesenian minangkabau yang telah jarang tampil ditengah tengah masyarakat.


Kenapa tidak katanya, seperti indang ini harus terus mmenerus ditampilkan agar tidak digerus oleh kesenian kesenian barat, seperti orgen tunggal dengan para penyanyinya. "Kita berharap di acara ini kesenian minangkabau semakin jaya dan Padangpariaman berjaya juga terwujud dengan program program daerah," ungkapnya.  


Makanya, dalam membuka secara Resmi Alek Nagari Baindang, di Laga-laga Ampalu Tinggi, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak sangat berpesan kepada semua pihak untuk terus lestarikan kesenian tradisional minangakabau.. 


Apalagi program Padangpariaman berjaya salah satunya jadikan daerah berbudaya dan religiusu. Sehingga terwujud program program daerah, karena membangun hanya dengan bersama sama dapat berjalan dengan baik.


"Membangun Padangpariaman hendaknya harus didukung dengan semua pihak dari ranah dan rantau. Dengan demikian Padangpariaman semakin berjaya dengan segala program program pembangunan daerah yang lebih baik lagi," ungkapnya.


Dalam enutupan acara alek nagari tersebut selain  Bupati Padangpariaman Suhati Bur yang hadir juga diharidiri Wakil Rektor 1, kepala LPPM, kepala LP3M, Wakil Dekan ISI Padangpanjang . 


"Kita sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan acara ini begitu juga kepada pihak pihak yang mendukungnya," tandasnya mengakhiri.(nn)

×
Berita Terbaru Update