Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ratusan Warga Desa Marabau Gelar Ratik Tolak Bala agar Terhindar dari Hama dan Musibah

Kamis, 08 Juni 2023 | 20:22 WIB Last Updated 2023-06-08T13:22:28Z

Pawai Obor Ratik Tolak Bala di Desa Marabau Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Rabu (7/6).

PARIAMAN
- Ratusan Warga Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, menggelar ritual ratik tolak bala untuk meminta keselamatan atas hasil pertanian di daerah itu terhindar dari hama, Rabu (7/6) pukul 20.30 WIB.


Tokoh Masyarakat Desa Marabau, Riza Saputra mengungkap, rati tolak bala tersebut dilakukan karena saat ini pertanian seperti sawah di daerah itu merosot oleh hama tikus.

Ia berharap tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat tercapai sehingga dapat kembali mengangkat ekonomi masyarakat dan dilimpahkan rezekinya melalui hasil panennya.


Ia berharap kedepan tetap mempertahankan budaya lokal setempat dengan menggelar ratik tolak bala. Pasalnya, Ratik Tolak Bala yang diisi lantunan zikir itu juga sebagai bentuk permohonan doa kepada Allah SWT, agar kampung dijauhkan dari segala bala, musibah dan azab.

Ratik Tolak Bala disertai dengan pawai api obor yang dikomandoi oleh para alim ulama, tuanku, labai dan tokoh-tokoh masyarakat. Tua muda, besar kecil warga antusias ikuti pawai obor. (nal)

×
Berita Terbaru Update