Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Daerah Rawan Bencana, Topografi Wilayah Padangpariaman Termasuk Iklim Tropis Besar

Minggu, 28 Mei 2023 | 09:14 WIB Last Updated 2023-05-28T02:14:31Z

Bupati Suhatri Bur Bersama Anggota DPR RI Saat Acara

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menggambarkan struktur dan kondisi alam Kabupaten Padangpariaman. Topografi wilayah Kabupaten Padangpariaman termasuk iklim tropis besar yang memiliki musim kering yang sangat pendek dan daerah lautan sangat dipengaruhi oleh angin laut. 


"Sumatera Barat dan khususnya Padangpariaman memiliki potensi alam yang rawan bencana, sehingga keberadaan stasiun Klimatologi ini dipandang sangat penting," ungkap Suhatri Bur, kemarin, usai melakukan peegan pertemuan dengan anggota DPR RI. 


Keberadaan BMKG khususnya stasiun Klimatologi Sumatera Barat di Padangpariaman ini, Suhatri Bur memandang sangat membantu dalam mendeteksi cuaca dan memberikan informasi lebih cepat dan akurat tentang kebencanaan kepada masyarakat. 


Sejauh ini tambahnya, BMKG stasiun Klimatologi ini sangat efektif dan berperan maksimal. Sehingga sangat menjadi andalan pemerintah daerah dalam mensuplai data dan informasi-informasi kebencanaan di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Dia berharap, untuk peningkatan fungsi dan perannya dukungan dari pemerintah pusat sangat dibutuhkan. 


"Peningkatan dan pemeliharaan kapasitas dan kualitas peralatan operasional agar dukungan layanan cuaca dan data bencana semakin meningkat. Demikian juga dukungan sumber daya manusia yang berkualitas," ujarnya.


Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyatakan, kunjungannya ini untuk memberikan dukungan kepada BMKG stasiun Klimatologi Sumatera Barat. Menurutnya, BMKG berwenang menjaga keselamatan jiwa, memberi layanan informasi cuaca dan iklim secara luas, cepat, tepat dan akurat. 


"Sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, maka perlu adanya peningkatan ketersediaan fasilitas dan sumber daya yang berkualitas," sebutnya didampingi Plt Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko. 


Kemudian Iqbal menilai, secara umum peralatan BMKG masih berfungsi dengan baik. Namun katanya, perlu ada peningkatan apalagi bagi alat-alat yang fungsinya terlihat kurang maksimal. Agar dapat mencegah terjadi kesalahan informasi apabila terjadi musibah. 


"Keberadaan Stasiun Klimatologi itu sangat vital, BMKG harus memastikan informasi yang sampai ke masyarakat itu benar adanya," tambahnya menegaskan.

 

Komisi V DPR RI lakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Padangpariaman yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal ini, dalam rangka peninjauan dan memberikan dukungan kepada Stasiun Klimatologi Sumatera Barat. 


Kedatangan Muhammad Iqbal dan rombongan diterima langsung oleh Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, bertempat di Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.


Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Padangpariaman Heron Tarigan, Camat dan wali nagari di kecamatan setempat.


Hadir juga dalam kunjungan tersebut, 15 anggota Komisi V DPR RI, Jajaran BMKG wilayah Sumatera, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan BUMN/BUMD, serta lembaga dan instansi vertikal lainya di wilayah kerja Sumatera Barat.(eri)


×
Berita Terbaru Update