Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wisata Raih Juara ADWI 2023 dan Ekonomi Masyarakat Meningkat, Mentri Sandiaga Salaudin Uno Apresiasi Lubuak Nyarai

Jumat, 31 Maret 2023 | 22:41 WIB Last Updated 2023-03-31T15:41:45Z

Bupati Suhatri Bur Sambut Kedatangan Mentri sandiaga salaudin Uno di Lubuak Nyarai

PADANGPARIAMAN, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Repoblik Indonesia Sandiaga Salaudin Uno, kemarin, terjun langsung melihat keindahan alam Lubuak Nyarai di Kenagarian Salibutan, Kecamatan Lubuak alung, Kabupaten Padangpariaman.


Kunjungan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut dalam rangka penilaian objek wisata Lubuak Nyarai. Sesampai di lokasi Lubuak Nyarai Mentri Sandiaga salaudin Uno langsung terkesima melihat keindahan alam wisata peminat khusus tersebut.

Bupati Suhatri Bur Bersama Mentri Sandiaga Salaudin Uno Menuju Lokasi Wisata Lubuak Nyarai



H Sandiaga salaudin Uno sangat mengapresiasi keindahan alam wisata Lubuak Nyarai yang masih asli ini. "Karena itulah saya langsung datang ke lokasi dalam penilaian ADWI tahun 2023 kali ini, kenapa tidaka wisata berkembang sejalan dengan kemajuan ekonomi masyarakat kita," kata Mentri Sandiaga Salaudin Uno saat di lokasi kemarin.


Katanya, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang ketiga kembali digelar. Sebanyak 4.573 lebih desa-desa wisata di Indonesia berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Bahkan Kementriannya telah mengumumkan 75 Desa Wisata terbaik melalui akun Instagram Anugerah Desa Wisata Indonesia, salah satunya Desa Wisata Nyarai.

Bupati Suhatri Bur Dialog Dengan Mentri Saat acara



Sementara Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan Kabupaten Padangpariaman telah mendaftarkan 34 Nagari Wisata pada ADWI 2023. Desa wisata Nyarai berhasil melenggang menjadi 75 besar desa wisata se  Indonesia. Sehingga Nyarai menjadi juara se Indonesia.


Sebagaimana tahapan penilaian ADWI, Menteri Parekraf akan melakukan visitasi ke 75 desa wisata untuk memberikan penilaian terhadap 5 kategori desa wisata yaitu daya tarik pengunjung, Souvenir, homestay dan toilet, digital dan kreatif serta kelembagaan desa wisata dan CHSE bersama dengan dewan juri yang berkompeten di bidangnya.


“Nyarai akan menjadi desa wisata pertama yang dikunjungi oleh Manparekraf RI Sandiaga Uno langsung Lubuak Nyarai dan  menandatangani prasasti desa wisata Nyarai di Salibutan Lubuk Alung, Sandiaga Uno terus memberikan workshop bagi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Padangpariaman," terang Suhatri Bur.


Lebih lanjut, Suhatri Bur mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih dalam penilaian ADWI ini. Pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Padangpariaman juga berhasil masuk 50 besar ADWI melalui Green Talao Park Ulakan. 


"Besar harapan kita, dalam penilaian ini juga akan menjadi semangat untuk terus membenahi nagari-nagari menjadi destinasi wisata berkelas dunia yang semakin baik, sehingga Kabupaten Padangpariaman semakin dikenal," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly mengungkapkan, desa wisata Nyarai di bawah binaan penggerak desa wisata Ritno Kurniawan, sampai pada titik ini telah melalui jalan panjang dengan berbagai prestasi di bidang lingkungan. 


“Tidak salah jika desa wisata ini sampai pada tahap meraih anugerah ini. Pemerintah daerah terus memfasilitasi berbagai program untuk desa wisata ini mulai dari kelengkapan amenitas, atraksi dan aksesibilitas,” tambahnya Muhammad Fadhly  mengakhiri.(pendi) 



×
Berita Terbaru Update