Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sosialisasikan New Siga, Untuk Memastikan Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi

Senin, 13 Februari 2023 | 13:42 WIB Last Updated 2023-02-13T06:42:25Z

Kepala DPPKB Elfi Delita Saat Acara

PADANGPARIAMAN - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Padangpariaman  Elfi Delita, kemarin, membuka kegiatan pemutakhiran dan pengelolaan serta pemanfaatan data dan informasi melalui aplikasi new SIGA tingkat Kabupaten Padangpariaman.


"Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka menyosialisasikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Keluarga atau new SIGA," kata Kepala DPPKB Padangpariaman Elfi Delita, kemarin.


Katanya, dia langsung membuka sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memastikan pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi  serta Keluarga berencana dapat terlapor dengan baik.


Ia menjelaskan, program yang tepat sasaran ini harus dievaluasi dan disusun berdasarkan data. "Secara khusus kita di Padangpariaman merupakan program yang direncanakan, dilaksanakan, serta dievaluasi menggunakan basis data yang bersifat faktual," ungkapnya.


DPPKB Padangpariaman memanfaatkan sebuah sistem pencatatan dan pelaporan berbasis teknologi informasi guna mengumpulkan data yang berasal dari tingkat lini lapangan.


"Aplikasi New SiGA itu merupakan aplikasi yang telah mengintegrasikan pencatatan dan pelaporan pelayanan KB, pengendalian lapangan dan pendataan leluarga.


Pencatatan dan pelaporan yang dilakukan pada aplikasi New SIGA menghimpun seluruh data berbasis data kelompok, data keluarga dan data individu by name by address yang dapat digunakan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan strategis.


"Kita harapkan melalui sosialisasi ini, segenap ASN di Perwakilan DPPKB Padangpariaman dapat memanfaatkan aplikasi New SIGA ini sebaik-baiknya sebagai dasar dalam penetapan program program  yang tepat sasaran," ujarnya


Bertindak sebagai nara sumber katanya, Pranata Komputer Bkkbn Sumatera Barat  Putut Whicakshono dan A Alham Sulaiman di ikuti oleh operator New SIGA balai penyuluh KB kecamatan se kabupaten Padangpariaman.(pendi)

×
Berita Terbaru Update