Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anggota DPR RI Nevi Zuairina Sampaikan Peran BUMN dalam Pembangunan IKN

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:20 WIB Last Updated 2023-01-25T13:20:53Z
Sosialisasi peran BUMN berikan kontribusi terhadap pembangunan IKN.

SUMATERA BARAT - Anggota DPR RI Komisi VI Nevi Zuraina sosialisasikan peran BUMN Karya memberikan kontribusi terhadap pembangunan IKN di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar.

Kementerian BUMN menunjuk PT. Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai Holding BUMN untuk melaksanakan kegiatan yang bertema “BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN"

Sosialisasi ini diikuti sebanyak 100 orang peserta yang merupakan pelaku UMKM di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar 

Nevi Zuairina saat pembukaan menyampaikan bahwa Holding BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merupakan BUMN Konstruksi dengan kredibilitas yang kuat di Indonesia. 

"Adhi Karya berdiri sejak 1960 merupakan nasionalisasi perusahaan Belanda dan merupakan perusahaan konstruksi pertama yang melantai di bursa Efek sejak tanggal 18 Maret 2002 dengan kode ADHI," jelas Nevi.

Ia menuturkan, Adhi Karya memiliki karya konstruksi monumental yang saat ini memiliki empat lini bisnis utama yaitu Engineering & Konstruksi, Properti & Hospitaliti, Manufaktur, Investasi & Konsesi. 

"Saat ini ada sebanyak 180 Proyek konstruksi yang sedang berjalan tersebar di seluruh Indonesia," kata dia.

Nevi Zuairina juga menjelaskan tentang informasi Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara. Yang mana Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan upaya pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.

Dikatakan Nevi, IKN ini juga merupakan simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia. 

Dengan nama Nusantara, IKN merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kemajemukan Indonesia. Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia menjadi modal sosial memajukan kesejahteraan rakyat, demi Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan.

"Kontribusi ADHI di IKN. ADHI mendapatkan tanggung jawab sebagai kontraktor yang turut berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sampai dengan saat ini, ADHI telah memperoleh 4 kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, antara lain Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, dan terbaru, ialah Rumah Tapak Kedinasan di IKN Nusantara,"ungkap Istri mantan Gubernur Sumbar.

Ia menambahkan, lingkup pekerjaan ADHI meliputi perencanaan dan perancangan, pekerjaan konstruksi dan infrastruktur kawasan, seperti rumah tapak, penataan kawasan untuk fasilitas umum dan sosial, serta prasarana dan sarana kawasan. 

Dengan adanya peningkatan kinerja, kata dia, perusahaan tentu diharapkan memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satunya melalui Peningkatan PDB/PDRB, Penambahan Lapangan Kerja. (nal)
×
Berita Terbaru Update