Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Suhatri Bur : Peranan Ninik Mamak Sangat Tinggi Dalam Mendukung Program Padangpariaman Berjaya

Kamis, 10 November 2022 | 08:19 WIB Last Updated 2022-11-10T01:19:59Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara Bersama Ninik Mamak Ketaping Rajo Sampono

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengatakan peranan ninik mamak pada masa sekarang sangat tinggi dalam mendukung program program pembangunan daerah di Kabupaten Padangpariaman. dengan dukungan tersebut terujud visi dan misi menjadikan Padangpariaman berjaya. 


"Kenapa tidak ninik mamak tersebut berada dalam satu nagari otomatis beliau langsung mendukung program nagarinya," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai menghadiri acara malewakan gala Datuak Bagindo Nan Sati  Suku Guci atau  Malayu di Korong Talao Mundam Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupatn Padangpariaman.


Dengan demikian Suhatri Bur mengharapkan peran niniak mamak dapat diaplikasikan untuk membangun nagari masing masing dan membimbing anak kemenakan dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga ekonomi masyarakat meningkat pasca covid 19 ini.


Apalagi jelasnya, peran niniak mamak dalam suatu kaum tidak hanya sebagai orang yang dituakan, atau yang memiliki status kepemimpinan. Mantab peranan seorang ninik mamak dalam memimpin anak kemanakannya otomatis kaumnya akan maju dan berkembang dalam segala sisi ekonomi. 


"Artinya, seorang niniak mamak harus dapat memimpin anak kemenakan dalam segala bidang pembangunan, termasuk dalam perekonomian. Maju mundurnya perekonomian suatu kaum juga bergantung dari peran niniak mamak dalam membina anak kemenakannya," ujarnya .


Katanya, antara niniak mamak dan anak kemenakan dalam suatu pemerintahan adat, memiliki hubungan erat termasuk dalam upaya pengembangan nagari di segala bidang kehidupan. Dalam hal itu Pemkab Padangpariaman sangat mendukung program program untuk kemajuan yang lebih baik.


"Hubungan erat dengan latar belakang budaya tersebut mampu mewujudkan kerukunan di lingkungan nagari, sehingga terciptanya suatu masyarakat yang kuat dan harmonis di Kabupaten Padangpariaman sampai sekarang," tandasnya mengakhiri.(pendi)


×
Berita Terbaru Update