Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bersama Sama Turunkan Angka Stunting, PKK Sosialisasikan Kepada Kadernya

Senin, 21 November 2022 | 17:13 WIB Last Updated 2022-11-21T10:13:23Z

Ny Yusrita Suhatri Bur Saat Sosialisasi Stunting

PADANGPARIAMAN - Ketua TP PKK Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur menyatakan PKK hingga kini terus melaksanakan sosialisasi penurunan angka stunting.


PSekarang kita melakukan sosialiasi  dan ini adalah bentuk kepedulian percepatan penurunan stunting yang kita lakukan," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur, kemarin.


Katanya ini adalah  sosialisasi stunting dengan tema peran TP-PKK dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.


Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman, dr. H. Aspinudin dengan peserta Tenaga Pengelola Gizi  ( TPG ) Puskesmas, Bidan Desa dan Walinagari locus Stunting 2023.


Yusrita suhatri Bur menyampaikan, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang balita yang di akibatkan oleh kekurangan gizi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan yang ditandai dengan tumbuh badan tidak sesuai dengan usia. 


"Kunci pencegahan stunting dan penanganan stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan/kelahiran (HPK) yaitu dari hari pertama kehidupan," ujarnya.


Sehingga katanya, perhatian ibu hamil dan balita melalui intervensi gizi spesifik maupun intervensi gizi sensitive. Perlu terus kita upayakan dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak yang terkait dan berkomitmen menangani stunting. 


Katanya, stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas hidup masyarakat, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. 


Hal ini dikarenakan anak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (Bertubuh Pendek/ Kerdil) saja, melainkan juga anak mudah terkena penyakit, terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. 


Dia berharap sosialisasi stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan untuk memastikan sejauh mana pengetahuan dari pengurus dan anggota PKK dalam upaya intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD dan Lintas Sektor sehingga upaya kita dalam penurunan stunting dapat terealisasi.(pendi)

×
Berita Terbaru Update