Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sabermas Baru Menuju Inovasi Award, Lahirkan Inovasi Untuk Pelayanan Masyarakat

Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:19 WIB Last Updated 2022-10-11T13:19:10Z

Bupati Suhatri Bur Saat Terima Inovasi Sabermas Baru Dari Kadiskes H Aspinuddin

PADANGPARIAMAN- Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan semua Organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkunganya hendaknya memiliki inovasi inovasi baru untuk menjalankan visi dan misi Padangpariaman berjaya.


"Seperti yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Padangpariaman sangat bagus dalam mendukung program program Padangpariaman berjaya," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara Louching aplikasi Komprehenshif online intervensi malnutrisi anak  ( korma ) di  Kecamatan Batang Gasan.


Katanya, dengan banyaknya melahirkan inovasi inovasi semua itu sangat berguna dalam memberikan pelayanan kepada semua lampisan masyarakat di Kabupaten Padangpariaman. Dinas kesehatan yang menaungi puskesmas hendaknya dapat juga melahirkan inovasi baru minimal dua.


"Kita mengatakan demikian untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua masyarakat Padangpariaman dalam bidang kesehatan. Begitu juga hendaknya OPD OPD lain di lingkungan Pemkab Padangpariaman," ungkapnya.


Apalagi dengan banyak inovasi katanya, ke depan diharapkan Padangpariaman terpilih sebagai Kabupaten inovasi award se Indonesia. Meski begitu lanjutnya, dalam melahirkan inovasi tersebut hendaknya Diskes melengkapi semua dokumentasi dokumentasinya untuk kesuksesan saat penilaian nanti.


"Saya yakin semakin banyak inovasi inovasi otomatis masyarakat kita akan terlayani dalam segala bidangnya dengan baik. Untuk itu mari kita bersama sama mendukungnya, karena tidak akan bisa terujud dan berjalan inovasi itu dengan baik tanpa dukungan semua pihak," ujarnya.


Salah satu katanya, menekan angka kematian bayi dan ibu, sehingga ke depan tidak ada lagi angka kematian bayi dan ibu di kabupaten ini. Makanya, perlu sinergi dengan semua lini pada masing masing OPD di lingkungan Pemkab Padangpariaman.


Begitu juga katanya, dalam rangka percepatan penurunan stunting ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya menyusun strategi nasional penanggulangan stunting melalui 5 pilar Percepatan Pencegahan stunting yaitu Pertama Komitmen dan Visi Kepemimpinan, Kedua Kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku , Ketiga Konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa ,Keempat Gizi dan ketahanan pangan dan kelima Pemantauan dan evaluasi.


Aplikasi Komprehensif Online Intervensi Malnutrisi Anak ( Korma) ini katanya,  dengan 9 fitur yang merupakan pembaharuan beberapa inovasi, bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting pada anak dengan cara memantau dan mengatasi gizi buruk dengan cepat. "Memudahkan penjangkauan dalam edukasi dan penanganan terhadap gizi buruk serta mengedukasi ibu-ibu hamil," ujarnya.


Kemudian  katanya, baru baru ini ada dukungan dari PKK Padangpariaman dalam menekan kemiskinan dengan kerja sama dengan Dinas Perikanan berikan bantuan kolam terpal pada PKK dan dasawisama. program tersebut ke depan hendaknya dapat ditempatkan pada masing masing nagari di kabupaten ini.


"Kita meminta kepada dinas terkait untuk dapat anggarkan dananya pada program APBD tahun 2023, sehingga masing masing nagari di Kabupaten Padangpariaman memiliki kolan ikan dari terpal seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang," ujarnya. 


Oleh karenanya, saya minta kepada seluruh perangkat daerah bersama stakeholder terkait untuk melakukan inovasi-inovasi dalam peningkatan kualitas pelayanan, agar upaya pelayanan ke masyarakat utamanya bagi mereka yang rentan dan membutuhkan seperti Rumah Tidak Layak Huni, Ekonomi Lemah, ibu hamil berisiko  dan balita kurang gizi, bisa tetap terpenuhi. 


Selanjutnya ia sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang Setinggi-tingginya , atas peran serta semua OPD dalam upaya Penuntasan semua permasalahan masyarakat dalam melakukan intervensinya di Kabupaten Padangpariaman.


Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat , perangkat pemerintah daerah dan segenap elemen pemangku kepentingan , atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya ini.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyatakan, saat ini dlucurkan program atau inovasi baru dalam program sehari bersama masyarakat membawa perubahan ( sabermas baru ).


"Kita sekarang melaksanakan sabermas baru di Kecamatan Gasan Gadang . Terpilihnya Nagari Gasan Gadang dalam program ini semua masyarakatnya telah patuh dengan berbagai program pemerintah, seperti pemasangan KB dan imuninasi anak dan jenis lainnya," tambahnya.( Aspinuddin)


×
Berita Terbaru Update