Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Manfaatkan Lahan Terlantar Babinsa Toboh Gadang, Dapat Kunjungan Dari Danrem 032 WBR

Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:02 WIB Last Updated 2022-08-30T14:04:35Z


Padang Pariaman--Sersan Dua (Serda) Riko Gusrianto Babinsa Nagari Toboh Gadang Barat Koramil 05 Lubuk Alung Kodim 0308 Pariaman mendapat kunjungan dari Danrem (Komandan Korem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto pada Selasa sore (30/08) 


Riko menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka dorongan kepada Babinsa yang mampu mengajak masyarakat memanfaatkan lahan terlantar menjadi lahan produktif

"Sesuai Direktim (Direktif Pimpinan) dari Danrem (Komandan Korem) 032 WBR untuk Babinsa produktif, maka kami langsung terjun kelapangan mencari lahan terlantar untuk diproduktifkan,"ujar Riko

Lanjutnya, yakni dengan cara mengajak masyarakat untuk dapat memproduktifkan lahan tidur, sehingga menghasilkan secara konsumsi maupun ekonomi dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

"Alhamdulillah, saya mendapat respon dari warga bernama Syafi'i serta dapat bekerjasama dalam pemanfaatan lahan.
Bermula ketika Anai dua jebol, yang menyebabkan sawah kekeringan karena tidak mendapatkan suplai air,"tutur Babinsa tersebut

Kata dia, Lahan ini dulu nya sawah semua, karena kekeringan dan tidak ada air, maka saya ajaklah Syafi'i untuk menanam jagung. 

Tidak usah kata dia. Kita tanam kacang tanah saja, biar modal dari saya dan dia juga yang bekerja,"tutur Riko menirukan

"Biarpun ucapan dia demikian saya tetap membantu Syafi'i. Awal mulanya menggarap kita pakai mesin tractor untuk membalik tanah lahan ini,"katanya lagi.

Kata dia, setelah 3 bulan Alhamdulillah sudah panen sekali. Dengan luas setengah hektar dan hasilnya cukup maksimal. 

"Dengan modal tiga kaleng hasil panennya dapat 90 kaleng. untuk pembagian hasil, yang punya tanah dan pengola 1:2, setelah panen pertama, sekarang usianya sudah 34 hari tinggal dua bulan lagi, kita panen lagi,"pungkas Serda itu.

Ia mengatakan, pertanian kacang tanah tidak memiliki modal besar dan pemiharaannya juga tidak rumit.

"Modal pertama sudah keluar, sedangkan tahap tanam yang kedua kita pakai bibitnya dari hasil panen yang pertama. 

Jadi kita tidak lagi membeli bibit dan kacang tanah ini juga tidak terlalu banyak pakai pupuk, hanya modal untuk menggembur tanahnya saja.

"Kemudian jika ada rumput kita cabut dan bersihkan sekeliling batangnya supaya tidak ada tikus. Perawatannya gampang dan selain tikus tidak ada hama lagi yang manyukai kacang tanah,"tutup Dia

Sementara itu ditempat yang sama dengan waktu berbeda, Dandim (Komandan Kodim) 0308 Pariaman Letkol. Arm. Wahyu Hidayat mengatakan, dari apa yang menjadi perintah Korem, kami dari Dandim pasti dan tentunya akan melaksanakan tugas dari Danrem (Komandan Korem).

"Akan tetapi sebelum kami memerintahkan anggota, saya sendiri akan memberikan contoh bagaimana itu produktif dan bisa melaksanakannya,"ulas Dandim 

Lanjut dia, Kami juga punya lahan diperkarangan ruma ditanami jagung di sekelilingnya yang merupakan demplot dari Kodim.

"Tentunya kita berharap selaku komandan kodim untuk semua anggota. Dengan adanya niat dan kepedulian komandan terhadap anggota. Hendaknya personil bisa mengerti dan memahami bahwasanya program ini bukan untuk siapa-siapa, bukan untuk komandan Korem dan bukan untuk komandan kodim,"tangkas Wahyu

Tapi kata dia, adalah untuk kelanjutan dan kesejahteraan mereka, terutama untuk keluarga Babinsa, dalam pelaksanaan tugas.

"Tujuannya adalah agar mempermudah mereka untuk mengajak dan mengurangi, terutama terhadap warga yang belum memiliki pendapatan yang pasti,"sambung Dandim 

Sambung dia, Lahan-lahan kosong ini banyak sekali manfaat nya. Terutama jika kita mau berusaha dan belajar, baik dari pengalaman diri sendiri maupun dari orang lain.

"Reward dan punishment kita berikan terutama pada mereka yang telah berbuat dan produktif melakukan program pimpinan. Sedangkan terkait apa yang menjadi halangan bagi mereka maka akan kita koordinasikan dengan dinas terkait, terutama dinas pertanian,"tutup Dandim 0308 (wrm)


×
Berita Terbaru Update