Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jadi Sekolah Pusat Keunggulan Lanjutan, Kadisdik Sumbar Buka Sosialisasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Pariaman

Minggu, 07 Agustus 2022 | 13:01 WIB Last Updated 2022-08-07T06:01:42Z

Kadisdik Sumbar Barliu, Kacab Wil II Sumbar dan Kepsek SMKN 1 Pariaman Erizal.

PARIAMAN
- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pariaman salah satu sekolah pusat keunggulan pada tahun 2021 dan sudah masuk menjadi sekolah pusat keunggulan lanjutan pada tahun ajaran 2022 ini.


Kepala SMKN 1 Pariaman Erizal menyampaikan, SMK pusat keunggulan merupakan salah satu program yang digadang-gadang oleh Direktorat PSMK sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SMK di Indonesia.

Ia mengatakan, SMKN 1 Pariaman sudah mendapatkan program ini sejak tahun 2021. Dimana tahun 2021 ada 901 SMK pusat keunggulan di Indonesia dan 17 di Sumatera Barat dan ada bidang-bidang yang dikembangkan dalam di setiap masing-masing SMK pusat keunggulan itu.

"Ada bidang hospitality, bidang ekonomi kreatif, bidang kerjasama luar negeri, bidang kemaritiman dan ada bidang permesinan dan kontruksi," ungkapnya.

SMKN 1 Pariaman di tahun 2021 mendapat program SMK pusat keunggulan bidang permesinan dan kontruksi. Program ini diluncurkan oleh Direktorat SMK bantuannya berupa fisik dan nonfisik. 

"Alhamdulillah kita mendapat fisik dan non fisik. Bantuan fisik kita membangun gedung workshop desain permodelan dan informasi bangunan beserta peralatannya secara representative dan kegiatan pembelajaran kurikulum paradigma baru," kata Erizal.

Dikatakan Kepsek Erizal, Tahun 2022 pigaknya dapat SMK pusat keunggulan lanjutan. Pasalnya, tahun ini hanya mendapatkan bantuan dalam bentuk non fisik yaitu kegiatan - kegiatan dan terdiri dari kegiatan Pengembangan Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Yakni kegiatan peningkatan peningkatan karakter dan peningkatan tata kelola dan penguatan kelembagaan.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi pembelajaran kurikulum merdeka sebagai kegiatan awal dari pelaksanaan SMK pusat keunggulan lanjutan di SMK 1 Pariaman. Alhamdulillah langsung dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat l, Barlius didampingi oleh Kepala Cabang Wilayah II Sumbar," ujarnya.

Ia menambahkan, ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan pada pusat keunggulan lanjutkan. Insya Allah minggu depan akan memulai dengan in house training implementasi kurikulum merdeka dan ada kegiatan-kegiatan lainnya. (nal)
×
Berita Terbaru Update