Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Genius Umar : Dosen Pulang Kampung Sangat Berguna Dalam Motivasi Generasi Muda dan Masyarakat

Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:44 WIB Last Updated 2022-08-24T02:44:43Z

Walikota Genius Umar Bersama Dosen IPB Pulang Kampung

PARIAMAN - Wali Kota Pariaman H Genius Umar, menyambut baik kunjungan beberapa orang dosen dari sekolah vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB). Dosen pulang kampung dalam kegiatan tersebut dilaksanakan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat IPB tahun 2022 di Desa Pauh Timur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.


Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi, berdiskusi, sekaligus melakukan inisiasi atau kerjasama dengan pemerintah Kota Pariaman, agar kedepannya bisa mengembangkan potensi peternakan yang ada di Kota Pariaman.


Menurut Genius Umar, kegiatan  yang dilakukan oleh para dosen tersebut, merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali, untuk memotivasi para generasi muda yang ada di Kota Pariaman, yang berminat bekerja di bidang peternakan dengan membuka usaha peternakan kambing atau domba.


“Saya sangat mensuport sekali dengan apa yang menjadi tujuan dari program dosen pulang kampung ini. Program ini sangat bagus sekali diterapkan di Kota Pariaman, apalagi di Desa Pauh Timur sudah ada kelompok masyarakat yang mengelola peternakan kambing atau domba, sehingga program ini bisa dikembangkan lagi di Desa Pauh Timur, sehingga lebih bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, dan menjadi contoh Desa/Kelurahan lain yang mempunyai lahan untuk beternak hewan ini,” ujar Genius Umar, kemarin.


“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya bisa dilakukan di Desa Pauh Timur saja, tetapi bisa menjadi salah satu usaha yang bisa dikembangkan untuk generasi muda Kota Pariaman yang masih belum mendapatkan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kota Pariaman,” ujarnya.


Sementara itu salah satu Dosen Vokasi IPB Yuni Resti  yang juga merupakan lulusan IPB dan kebetulan merupakan salah seeorang putri dari Desa Pauh Timur mengatakan tim akan melakukan kerjasama dalam pengembangan pakan smart hidroponik green fodder berbasis bahan baku lokal dengan kelompok ternak yang ada di Desa Pauh Timur.


Bagian dari kegiatan ini juga mengembangkan potensi peternakan, atau wirausaha muda yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di Kota Pariaman khususnya, dan di Sumatera Barat umumnya.


“Untuk itu kami juga menggandeng pengusaha kambing/domba yaitu Bapak Madzia Ulhak dari Jawa Barat ke Kota Pariaman, dengan maksud untuk memotivasi peternak muda di Kota Pariaman, serta melakukan kerjasama antara pendidikan dan industri untuk berkolaborasi guna membantu peternak yang ada di  Kota Pariaman. Mudah-mudahan setelah terjadinya pertemuan ini, ada tindak lanjut dari pemerintah Kota Pariaman untuk pengembangan usaha kelompok ternak dan generasi muda Kota Pariaman,” tandasnya mengakhiri. (juned)


×
Berita Terbaru Update