Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Akan Gelar Festival Katumbak Antar Sumbar, Riau dan Jambi

Rabu, 03 Agustus 2022 | 11:43 WIB Last Updated 2022-08-03T04:46:43Z

Ketua OLC Alwis Ilyas bersama Walikota Pariaman Genius Umar, Sekda Yota Balad, Wakil Ketua DPRD Mulyadi, Ketua Kan Indra Jaya saat menikmati Teh Talua di Rumah Tabuik Pasa.

PARIAMAN
- Ota Lapau Club (OLC) Pariaman gelar Festival Seni Tradisi Katumbak dan 100 Teh Talua gratis. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan akan berlangsung sampai malam puncak prosesi pembuatan tabuik.


Ketua OLC Pariaman, Alwis Ilyas mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini selain untuk melestarikan budaya juga untuk memeriahkan prosesi Hoyak Tabuik Pariaman.

“Kami menggagas sebuah festival yang bernuansa kebudayaan masyarakat Pariaman yaitu Seni Katumbak dan 100 teh talua gratis untuk warga,” ungkapnya pada malam pembukaan di Rumah Tabuik Pasa, Selasa (3/8).

Ia menyampaikan, antusias masyarakat sangat tinggi terlihat pada pendaftaran. Pasalnya, dalam 1 jam kupon teh talua gratis habis, bahkan masih banyak masyarakat yang tidak dapat kupon. 

Dikatakan Alwis Ilyas yang juga merupakan pengacara top itu menyampaikan, seni Katumbak merupakan salah satu seni tradisi Warga Pariaman. Seni musik tradisi ini dipadukan dengan lagu serta lirik khas Pariaman. Acara pembukaan yang tampil yaitu grup kesenian Katumbak Ratok Mandai.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi OLC (Ota Lapau Club) atas inisiatifnya dalam mengemas 3 komunitas sekaligus dalam satu acara, yaitu Komunitas Teh Talua, Komunitas Seni Musik Katumbak dan OLC sendiri, yang dikemas secara sederhana namun kebersamaannya luar biasa.

Genius mengatakan, komunitas teh talua dan komonitas seni katumbak ini, merupakan budaya khas tradisi yang ada di Kota Pariaman, sehingga Pemko Pariaman menyambut baik gelaran acara ini yang digagas oleh OLC yang diketui oleh “Uncu” Alwis Ilyas.

“Kita menyambut baik acara ini, dan mudah-mudahan acara seperti ini dapat terus dilanjutkan, kearifan local kita, dapat dibangkitkan kembali, untuk mendukung Kota Pariaman sebagai Kota tujuan wisata,” kata dia.

Lebih lanjut, kata Genius, pihaknya menugaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, untuk membuat event Festival Musik Katumbak, untuk lingkup Sumbar, Riau dan Jambi, sehingga kesenian tradisi musik Katumbak ini akan menjadi bagian dari atraksi pariwisata Kota Pariaman.

"Saya minta Disparbud Kota Pariaman membuat festival musik Katumbak setelah Pesona Hoyak Tabuik Piaman ini," tegas Genius. (nal)
×
Berita Terbaru Update