Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KPU, Jaga Integritas Pemilu, Mendorong Partisipasi Pamilih, Memastikan Tata Kelola Pemilu Yang Akuntabel

Rabu, 15 Juni 2022 | 14:30 WIB Last Updated 2022-06-15T07:30:12Z

Bupati Suhatri Bur Bersama Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi Saat Acara

PADANGPARIAMAN - Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi menyatakan saat ini KPU Republik Indonesia kini melaksanakan peluncuran tahapan pemilihan umum ( pemilu) tahun 2024.


"Namun kita melaksanakan kegiatan tersebut secara luring dan daring langsung dari Jakarta. Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, KPU RI, Bawaslu serta seluruh KPU kab/kota dan jajaran forkopimda dimasing-masinc daerah," kata Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi, kemarin. 


Pasalnya,  KPU Padangpariaman juga mengikuti acara peluncuran pemilu tersebut secara daring di kantor KPU Padangpariman 


Dalam kesempatan tersebut jelasnya, Tito Karnavian selaku menteri dalam negeri menyampaikan sambutan dalam kegiatan peluncuran uran tersebut, pemerintah mendukung penuh seluruh tahapan yang dilaksanakan oleh KPU baik pemilu maupun pilkada, serta jajaran baik itu Kapolri, TNI serta jajaran Kementrian. 


Dalam hal ini KPU juga harus menjaga integritas pemilu, mendorong partisipasi pamilih, memastikan tata kelola pemilu yang akun tabel, dan masalah kesehatan penyelenggara pemilu, serta melakukan perbaikan data pemilih, sistim informasi parpol dan sistem lainya. 


Dalam hal ini Mendagri juga menghimbau mengunakan dan memanfaatkan teknologi yang selektif dalam menjalankan kegiatan pemilu. 


Sementara itu Nono Sampono Wakil Ketua DPD RI, pasal 1 ayat 2 uu no 7 tahun 2017, menyebutkan bahwa tahapan pemilu dilaksanakan 20 bulan sebelum pelaksanaan pemilu, DPD mengapresiasi terhapap KPU karena melaksakan pelucuran susuai aturan, walaupun pemilu masih dalam perdebatan penundaan pemilu. 


DPD RI juga mengharapkan agar pemilu bisa dilaksanakan jujur, demokratis dan tidak terulang lagi catatan pemilu sebelumnya, seberti banyaknya KPPS yang gugur dalam pelaksanaan pemilu. 


Beliau juga berharap dapat berlangsung secara lancar dan aman dan susiai dengan waktunya tidak memicu konflik seperti politik identitas dan lainya


Sementara Ketua DPR RI Puan Mahari mengingatkan bahwa Pemilu di Indonesia tidak hanya sebagai rutinitas demokrasi saja, karena pemilu merupakan mengamalkan nilai pancasila ke 4, pemilu jadi arena bagi rakyat untuk memilih pemimpin mereka.


Dengan pemilu jelasnya, merupakan perwujudan wajah bangsa Indonesia. Beliau juga mengingat pemilu yang dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan, maka ini akan bisa membuat Indonesia dalam perpecahan. 


"Mari kita jadikan pemilu sebagai instrumen demokrasi, pemilu arena komposisi bukan sebagai pertempuran," ujarnya. 


Melalui pemilu lanjutnya, mari dengar harapan rakyat Indonesia tentang apa yang diinginkan rakyat Indonesia


Kemudian Ketua KPU RI Hasim Asy'ari menyatakan ini demokrasi dilaksanakan secara reguler 5 tahun sesuai dengan Undang Undang. 


"Pemilu dan dan pilkada merupakan arena konflik dalam merebut kekuasaan, oleh sebab itu penting kita bersama menjadikan pemilu sebagai integrasi bangsa, karena Indonesia itu majemuk," ujarnya.


Mari terangnya, menjadikan pemilu sebagai sarana untuk menjadikan integrasi membangun bangsa, pemilu merupakan sarana bermusyawarah sebagai bingkai membangun bangsa. 


Pemilu sebagai menyalurkan sarana untuk hak warga Indonesia untuk memilih pemimpinnya. 


Hasyim juga menyampaaikan mohon dukungan kepada pemerintah, partai politik, masyarakat Indonesia agar pelaksanaan bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada.


Kegiatan KPU Padangpariaman secara daring ini juga dihadiri langsung Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama Jajarannya dan semua forkompinda se Padangpariaman.(ns)


×
Berita Terbaru Update