Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cerita Petualang Polsek Sungai Geringging Beri Sembako : Kakek Tunanetra Tinggal Digubuk Reyot Tanpa Dialiri Listrik

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:33 WIB Last Updated 2022-06-24T17:59:17Z
Kapolsek Sungai Geringging Iptu Bambang Adrian saat menyerahkan bantuan sembako kepada Bapak Barokaik (60) yang tunanetra.

PADANG PARIAMAN
- Siang itu ketika jarum jam hampir menunjukkan pukul 10.00 WIB beberapa personil Polsek Sungai Gerinnging yang dipimpin Kapolsek Iptu Bambang Adrian bergegas untuk pergi menuju wilayah Korong Kubu Alahan Kuranji Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu.

Ketika itu Kapolsek bersama anggota menyiapkan buah tangan yang akan dibawa menuju rumah Bapak Barokaik (60) yang sedang sakit dan tunanetra sejak ia kecil. Bapak Barokaik tinggal bersama keponakan perempuannya. 

Setelah menyiapkan sembako ke dalam box sepeda motor. Kapolsek Iptu Bambang, Kanit Binmas Aipda Joni Welmi, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Aipda Nofri dan Kanit Sabhara Aipda Andri bergegas menuju lokasi yang hendak dituju itu.

Menurut keterangan, rumah yang dihuninya itu tidak dialiri listrik maupun air. Pasalnya, Bapak Barokaik bersama keponakannya jika malam hari tiba ia hanya menggunakan lentera alias "Dama Togok" sebagai penerang. Begitulah nasib seorang bapak yang tunanetra itu.

"Apalagi rumah yang dihuni Pak Barokaik jauh dari kata layak. Bisa dikatakan suatu gubuk yang reyot. Jika dilihat mereka cukup menderita hidupnya," ungkap Iptu Bambang dengan nada sedih. 




Pada hari itu, Bapak Barokaik dikejutkan dengan kedatangan beberapa orang yang memakai baju seragam warna coklat alias Polisi yakni Kapolsek Sungai Geringging Iptu Bambang Adrian bersama anggotanya. 


Petualangan menuju lokasi lumayan jauh, setidaknya ada sekitar 15 kilometer perjalanan yang dilalui personil Polsek Sungai Geringging hingga sampai dirumah Bapak Barokaik. Selain jarak tempuh yang cukup jauh, ditambah lagi jalan penuh tanjakan yang dipenuhi bebatuan serta terjang.

"Menuju lokasi tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Pasalnya, ada sekitar 1 kilometer kita harus jalan kaki agar bisa sampai kerumah Pak Borakaik. Hanya jalan setapak, ditambah lagi licin sehingga sulit untuk dilalui," ujarnya.

Meskipun demikian, tidak sedikitpun menyurutkan semangat personil Polsek Sungai Geringging Polres Pariaman demi sembako yang dijinjing bahkan dijunjung itu bisa disalurkan kepada Bapak Barokaik.

"Paling tidak ada sekitar 1 jam perjalanan menuju lokasi itu,"

Selanjutnya, dari jarak 15 meter menuju rumah, Kapolsek langsung memandang ke depan tepatnya ke arah gubuk reyot dengan suasana sepi tanpa ada suara keramaian kecuali suara bising Cicada terdengar saat itu.

"Setiba dirumah Pak Barokaik, kami mengetuk pintu. Pada saat pintu dibuka oleh keponakan Bapak Barokaik terlihat dari wajahnya antara takut dengan senang. Disatu sisi polisi datang dalam rangka apa, disisi lain polisi datang kok membawa sembako," jelasnya.

Setelah bertemu, rombongan pun menyampaikan niat dan maksud kedatangannya. "Bapak tersebut sangat senang. Ketika menyerahkan sembako bapak tua itu terlihat matanya seperti berkaca - kaca mungkin merasa haru karena tidak pernah sekalipun petugas polisi datang menghampirinya seumur hidup," kata Kapolsek.

Dikatakan Iptu Bambang, kegiatan ini adalah jumat berkah yang dilaksanakan rutin satu kali dalam seminggu dan program dari bapak Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis untuk memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu. "Semoga ini merupakan suatu pahala dan ibadah untuk kita semua" tegas Iptu Bambang Adrian. (nal)


×
Berita Terbaru Update