Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wujudkan Ketahanan Ekonomi, Nagari Tandikek Selatan Kembangkan Tanaman Unggul

Senin, 16 Mei 2022 | 11:43 WIB Last Updated 2022-05-16T04:43:31Z

Walinagari Maryono Bersama Bupati Suhatri Bur Saat Tim Ramadhan

PADANGPARIAMAN - Jajaran Pemerintah Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman dewasa ini terus berkomitmen  mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada di nagari tersebut. "Jadi untuk bisa mewujudkan masyarakat yang sejahtera itu yang kita fikirkan itu adalah bagaimana menciptakan ketahanan masyarakat, termasuk ketahanan pangannya. Karena kalau mereka telah memiliki ketahanan kehidupan tentunya  mereka juga akan bisa melanjutkan pendidikan anak-anaknya. Sehingga dengan begitu kualitas sdm masyarakat  akan meningkat dengan sendirinya. Demikian pula dalam hal kehidupan sosial kemasyarakatan lainnya," ujar Walinagari Tandikek Selatan, Maryono di ruang kerjanya, kemarin.



Lebih jauh menurut Maryono, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maka tentunya tidak cukup sebatas terpenuhinya kebutuhan makan saja. Karena bagi masyarakat kita sebutnya, semiskin apa pun kondisinya dia tetap akan bisa makan setiap harinya. "Makanya fokus utama kita saat ini bagaimana masyarakat kita tidak hanya memiliki ketahanan pangan namun lebih penting dari itu juga memiliki ketahanan dalam  kehidupan," imbuh Maryono. 



Terkait hal itu sebutnya, pihaknya dari pemerintahan nagari antara lain telam memprogramkan pengembangan budidaya tanaman manggis maupun durian montong, yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat  di nagari ini. "Adapun bibit yang kita bagikan itu merupakan bibit unggul yang sengaja didatangkan dari Indramayu. Masing-masingnya sebanyak dua batang manggis dan satu pohon durian montong untuk tiap-tiap rumah," ujar Maryono. 



Dengan adanya program tersebut pihaknya juga berharap agar ke depannya Nagari Tandikek Selatan bisa berkembang menjadi kawasan agrowisata, dimana nantinya pengunjung atau warga yang datang bisa membeli hingga memetik sendiri aneka buah-buahan yang mereka inginkan. 


Demikian pula pengembangan kawasan perkebunan di bagian Utara Nagari Tandikek Selatan, pengembangan dan pemberdayaan kawasan sentra pertanian di Korong Puncu Ruyuang dan sekitarnya, pengembangan kawasan sentra pembibitan ikan di Sungai Kasian, serta pemberdayaan dan pengembangan kawasan sentra kuliner lainnya di sepanjang ruas jalan negara Sicincin-Malalak-Balingka. (ris)


×
Berita Terbaru Update