Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Pelayanan Tunggu di Rumah Saja, Tim Dukcapil Lakukan Kunjungan

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:32 WIB Last Updated 2022-05-12T03:32:50Z

Tim Dukcapil Saat Turun Lapangan

PADANGPARIAMAN - Kepala Dinas Kependudukan dab Catatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan tim Disdukcapil saat ini  berkenan melakukan kunjungan ke Nagari Lubuk Alung dan Nagari Sungai Abang Lubuak Aluang.


Dalam agenda kunjungan di Kantor Pelayanan Nagari Lubuak Aluang tim melakukan koordinasi dengan Kasi Kesra Yardi dan Admin Nagita Rahmad Dhani. 


Tim melakukan diskusi terkait peningkatan kualitas pelayanan tunggu di rumah saja (TDS) melalui optimalisasi pendataan penduduk. 


Proses pendataan dengan optimalisasi peran Wali Korong selaku perangkat kewilayahan Nagari serta melibatkan pemangku kepentingan di masing-masing Korong. 


"Sehingga penduduk kategori lansia, disabilitas dan orang gangguan jiwa bisa mendapatkan pelayanan adminduk melalui layanan TDS," ujarnya, kemarin.


Lebih lanjut dibahas tentang pengelolaan pelayanan pengantar administrasi pernikahan dari Nagari sebagai dukungan kolaborasi layanan panter Disdukcapil bersama KUA. 


Setiap penerbitan pengantar NA ke KUA merupakan bagian dalam pelayanan panter. 


Tim juga melakukan berbagi informasi terkait layanan administrasi kependudukan dalam agenda Posyandu Balita dan Posyandu Lansia yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Nagari Lubuak Alung. 


Kegiatan ini menjadi sambutan hangat dari ibu-ibu posyandu melalui banyaknya pertanyaan terkait layanan adminduk. Agenda posyandi difasilitasi oleh tim puskesmas Lubuak Aluang, bidan desa, dan kader posyandu.


Sedangkan dalam di Nagari Sungai Abang Lubuak Aluang, tim Disdukcapil melakukan koordinasi dengan Kasi Pemerintahan vineke Richea. 


Pembahasan utama terkait mekanisme pelayanan panter. Pemerintah Nagari memiliki peran utama dalam memberikan informasi kepada masyarakat tehadap layanan panter, sekaligus melakukan pengawasan pelayanan panter dalam setiap pelaksanaan pernikahan.(ns)

×
Berita Terbaru Update