Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Musim Lebaran di Kota Bukittinggi- Sering Macet Akibat Kendaraan Menyemut, Kantong Parkir Alternatif Jadi Pilihan Polres Bukittinggi Siapkan Operasi Kemanusiaan

Sabtu, 07 Mei 2022 | 16:59 WIB Last Updated 2022-05-07T09:59:13Z

 Musim Lebaran di Kota Bukittinggi-



Suasana Kendaraan di Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI-Musim libur lebaran Idul Fitri tahun ini tak ayal membuat Kota Bukittinggi berubah menjadi kota yang  sangat sibuk.


Hasil pantauan beberapa hari sejak masa libur Lebaran, tampak kendaraan berbagai jenis begitu menyemut memasuki kota kecil yang memiliki sejumlah tempat wisata pavorit ini. 


Berdasarkan pengamatan di lapangan, tingginya animo pengunjung datang ke Kota Bukittinggi tak ayal menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar Kota Bukittinggi tidak terhindarkan. Demikian pula titik kantong-kantong parkir yang ada juga nyaris penuh sesak oleh berbagai jenis kendaraan.


Kenyataan itu tidak ditampik oleh Kapolsek Kota Bukittinggi, Kompol Hj. Rita Suryanti.SH, ditemui di Pos Pengamanan Lebaran Tugu Polwan Kota Bukittinggi baru-baru ini.


Menurutnya, salah satu pemicu kerawanan macet yang terjadi di Kota Bukittinggi, tidak terlepas akibat padatnya jumlah kendaraan yang datang ke Kota Bukittinggi. Hal itu juga berbarengan   tingginya animo pengunjung serta pemudik untuk berwisata ke Kota Bukittinggi.

  

Di pihak lain tegas Kapolsek, sebagaimana ditegaskan Kapolres Kota Bukittingi,  AKBP. Dody Perwiranegara,SH.SIK.MH saat rapat koordinasi persiapan pengamanan Lebaran beberapa waktu lalu,  dimana setelah dua tahun masyarakat terpaksa berlebaran di rumah akibat adanya wabah  pandemi covid-19, tahun ini pemerintah telah mulai membuka kran atau memberi keleluasaan bagi masyarakat untuk pulang mudik. 


 "Namun demikian, bagi warga yang ingin melakukan perjalanan tentunya agar meningkatkan imunnya. Yaitu dengan menjalani vaksin 1, vaksin 2 dan boster, atau vaksin tiga. Begitu pula halnya  warga  Bukittinggi. " tegasnya.


Demikian pula tegas Kapolsek Kota Bukittinggi ini, seperti ditegaskan  Kapolres Kota Bukittinggi, bahwa jajaran Polres Kota Bukittinggi juga telah dan terus mengintensifkan program vaksinasi hingga ke jajarannnya. Begitu pula program vaksinasi bagi masyarakat . Baik itu vaksin1,2 hingga vaksin 3 atau boster. 


"Jadi, karena Kota Bukittinggi ini sudah merupakan ikonnya wisata Sumatera Barat, maka orang yang lewat atau  yang pulang mudik tentunya ingin mampir ke  Bukittinggi, sementara kondisi jalan masih segitu saja, akibatnya kondisi itu jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kemacetan," tegas Kompol Rita. 


Karena itulah jajaran Polres Kota Bukittinggi selaku penanggungjawab pengamanan lebaran telah menyiapkan  sejumlah Pos Pelayanan Terpadu, seperti di kawasan Jam Gadang, Kebun Binatang Kinantan, kawasan objek wisata Panorama serta di seputaran Tugu Polwan. 


"Jadi karena operasi ini sifatnya operasi kemanusiaan,  artinya bagaimana agar petugas yang bertugas di masing-masing pos yang ada diharapkan bisa melayani masyarakat  sebaik-baiknya, sehingga para pengunjung atau pemudik bisa merasa aman dan nyaman selama berada di Kota ke Bukittinggi," imbuhnya.


Demikian pula  mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kota Bukittinggi, sebelumnya juga sudag disiapkan sejumlah kantong lahan lahan parkir, termasuk diantaranya memanfaatkan fisilitas lahan perkantoran dan pekarangan sekolah atau lapangan lainnya. 


Selain itu petugas juga  sengaja ditempatkan di sejumlah titik kerawanan macet yang ada. "Demikian pula untuk mengatasi kemacetan petugas juga telah melakukan rekayasa lalu lintas, baik itu dengan menerapkan sistim satu jalur atau sistim buka tutup lainnya, sehingga dengan begitu diharapkan kemacetan yang terjadi tidak berlangsung terlalu lama. (Yurisman Malalak)

×
Berita Terbaru Update