Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Layani Masyarakat Dengan Baik, ASN Bukan Pejabat Yang Minta Dilayani

Senin, 23 Mei 2022 | 10:46 WIB Last Updated 2022-05-23T03:46:32Z

Wawako Saat Loching Care Value

PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin hadir pada acara Launching Care Value ASN (Aparatur Sipil Negara) BerAKHLAK dengan employer branding "Bangga Melayani Bangsa" yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat.


Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Hadir secara langsung Deputi SDM Menpan RB, Alex Denny, Wakil Gubernur Prov Sumbar, Audi Jonaldy, Kepala Biro Sekjen Kemendagri, para bupati dan walikota se-Provinsi Sumbar.


Sebelumnya, Core Values dan Employer Branding ASN ini secara resmi diluncurkan oleh Presiden RI Jokowi secara virtual melalui zoom serta saluran Youtube Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan 50 saluran Youtube Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, termasuk saluran Youtube Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada Selasa tanggal 27 Juli 2021 tahun yang lalu.


Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, Core Values ASN berperan sebagai panduan berpikir, bertutur dan berperilaku. Adapun core values ASN diimplementasikan dalam kata BerAkhlak, akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Kemudian, Employer branding yang merupakan moto ASN dalam bekerja menggunakan semboyan Bangga melayani bangsa.


Ia megaskan bahwa setiap ASN itu harus memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat kolonial dulu. ASN harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat.


ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya oleh Negara, otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel, dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa dan Negara.


Selain itu, peningkatan kapasitas, kompetensi dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan menjadi mutlak bagi ASN. Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting.“Dunia menjadi serba hybrid dan kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego sektoral, ego daerah, ego ilmu," ujarnya.


Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyampaikan, ASN diharapkan dapat memahami nilai dasar “Berakhlak” atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.


Mardison berharap kepada setiap individu ASN agar dapat menanamkan core values atau Berakhlak dan slogan Bangga Melayani Bangsa, baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.


Pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis, yaitu tata Kelola yang bersih, efektif, efisien dan cepat mengambil keputusan, sesuai visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden hingga 2024.


"Birokrasi pada dasarnya dimulai dari merubah pola pikir ASN yang harus lebih lincah dan inovatif," tukasnya mengakhiri. (ns)



×
Berita Terbaru Update