Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Antisipasi Kebocoran Data Yang Tidak Miliki Karcis, Pengunjung Wajib Gunakan Karcis Resmi

Jumat, 13 Mei 2022 | 08:48 WIB Last Updated 2022-05-13T10:00:51Z

Kadis DPPKD Buyuang Lapau

PARIAMAN - Tingginya animo para pemudik serta pengunjung berwisata ke Kota Pariaman selama musim Lebaran tak ayal menjadi berkah tersendiri bagi Kota Pariaman. 


Hal itu setidaknya terlihat dari meningkatnya Pemasukan Asli Daerah (PAD)   Kota Pariaman selama masa lebaran.


Seperti diketahui, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Lebaran tahun ini Kota Pariaman terlihat begitu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.


Terlebih dengan digelarnya kegiatan Pesta Pantai selama musim Lebaran tentunya membuat para pengunjung semakin antusias untuk menghabiskan masa liburnya di Kota Pesisir Pantai ini. 


Data yang berhasil dihimpun media ini diketahui, kisaran jumlah pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman bisa berkisar antara 10 s-d 20 ribu lebih setiap harinya. 


"Betapa tidak dari data resmi yang kita terima, kisaran karcis masuk kawasan wisata yang ada di Pariaman perharinya bisa mencapai 10 ribu lebih, belum lagi pengunjung yang banyak tersebar di sejumlah spot-spot wisata pantai lainnya yang tersebar di sekitar Kota Pariaman," terang Kadis DPPKD Pemko Pariaman, Buyuang Lapau, menjawab wartawan www.reportasesumbar.com, kemarin di ruang kerjanya. 


Pengunjung Pantai Gandoriah


Hanya saja terkait berapa persisnya estimasi jumlah pengunjung yang datang ke Kota Pariaman selama musim Lebaran, Buyuang Lapau menyebutkan, rekap resminya ada di Dinas Pariwisata Kota Pariaman. 


"Tapi kurang lebih gambarannya ya berkisar dalam angka di atas. Bahkan Pak Wali (Wako Genius Umar.red) dalam akun sitagram beliau telah  menyampaikan, bahwa peningkatan jumlah pengunjung wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman pada Lebaran tahun ini  lebih dari 100 peren, dibanding Lebaran tahun sebelumnya," imbuhnya. 


Antisipasi Kebocoran


Di pihak lain, terkait membludaknya jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Pariaman selama musim Lebaran memang mendapat perhatian khusus dari Walikota Pariaman. Terbukti sebut mantan Kadis DPPKD Pemko Sawahlunto ini,  secara khusus Wako Pariaman Genius Umar telah mewanti-wanti dan mengintruksikan jajarannya dari DPPKD agar bersikap proaktif dalam mengantisipasi kebocoran data pengunjung yang masuk menggunakan karcis resmi sebagaimana yang telah ditentukan. 


"Memang dalam  hal ini Pak Wali telah mengingatkan kami dari jajaran DPPKD agar jangan sampai ada karcis masuk atau karcis pengunjung yang tidak disobek, jadi karena itulah kita dari  jajaran DPPKD telah menempatkan sebanyak dua orang petugas guna  mengawasi pendistribusian karcis masuk bagi para wisatawan yang ada," terangnya. 


Dalam kaitan ini sebut Buyuang Lapau pihaknya tentu selalu berkoordinasi dengan petugas tiket atau karcis dari jajaran Dinas Pariwisata Pemko Pariaman. Karena merekalah yang ditugaskan untuk membagikan atau menyerahkan karcis bagi para pengunjung. 


"Alhamdulillah hasilnya sejauh ini sangat memuaskan, itu setidaknya terlihat dari terjadinya pemasukan atau penambahan PAD bagi Kota Pariaman, dengan kisaran antara puluhan hingga Rp50 juta perhatinya," imbuhnya. 


Belum lagi pemasukan lainnya yang berasal dari kontribusi parkir yang juga bisa mencapai puluhan juta setiap harinya. "Khusus untuk pengaturan parkir sendiri sejauh ini memang tidak seluruhnya kita tangani, karena sebagiannya juga ada yang  dikelola oleh masyarakat, termasuk ada yang memanfaatkan pekarangannya sebagai lokasi parkir dadakan," ujarnya. 


Hal itu sebut Buyuang Lapau tentunya cukup beralasan, terutama mengingat ramainya jumlah pengunjung yang datang, sehingga tentunya juga membutuhkan kehadiran lokasi parkir yang lebih memadai. 


"Yang jelas bisa kita saksikan sendiri, jumlah pemasukan PAD untuk Kota Pariaman tentunya jauh lebih meningkat dibanding Lebaran tahun sebelumnya. Untuk itu tentunya selayaknya pula kita memberikan apresiasi secara khusus yang bertugas di lapangan," imbuhnya. (ris)



×
Berita Terbaru Update