Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022, Wako Pariaman : Patuhi Prokes Meskipun Tidak Ada Penyekatan Selama Lebaran

Jumat, 22 April 2022 | 13:59 WIB Last Updated 2022-04-22T06:59:42Z


PARIAMAN
- Polres Pariaman gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022 di Mapolres Pariaman, Kelurahan Alai Gelombang, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum'at (22/4). 


Kegiatan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan dan dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat Singgalang 2022, kepada 4 (empat) anggota perwakilan satuan stakeholder vertikal, mulai dari TNI, Polri, Satpol. PP, dan Dishub.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Walikota Pariaman Genius Umar. Dalam amanat Kapolri, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo dihadapan peserta apel ia menyampaikan bahwa Polri dengan didukung dari TNI, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya, akan menggelar Operasi Ketupat 2022 untuk wilayah hukum masing-masing daerah. 

"Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek diseluruh indonesia baik Masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasium kereta api dan bandara," ujarnya.

Dalam arahan Kapolri, Genius juga menegaskan tidak ada penyekatan masyarakat pada kegiatan mudik lebaran tahun 2022, namun masyarakat tetap di himbau untuk mematuhi protokol kesehatan, serta melengkapi Vaksinasi 1, 2 dan 3, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19.

"Setelah 2 tahun tidak diperbolehkan mudik, akibat pandemi Covid-19, kini pemerintah telah mengizinkan untuk bisa mudik, sehingga diperkirakan pemudik akan membludak, untuk itu diperlukan pengamanan yang terpadu, mulai dari TNI, Polri, Pol PP, Perhubungan, BPBD dan Petugas Kesehatan," ungkapnya.

Genius menuturkan, bahwa saat ini Pemko Pariaman telah berada di level 1, yang merupakan terbaik dalam penuntasan Covid-19 di Sumatera Barat, dan ini tentunya berkat kerja keras seluruh stakholder terkait, mulai dari Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Pimpinan DPRD. "Kami atas nama kepala daerah dan juga masyarakat mengucapkan terimkasih untuk itu, ulasnya mengakhiri.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan, ada beberapa penekanan yang dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi Ketupat tahun 2022 yaitu anggota harus menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi. 

Selanjutnya, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif. Kemudian laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun rekan-rekan adalah wujud representasi negara ditengah-tengah masyarakat.

Ia juga mengungkapkan akan menempatkan petugas pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.

"Kami juga mendorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi, " ungkapnya. (ronal) 
×
Berita Terbaru Update