Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kerbau Bule Besar Diadu Dalam Kontesnya, Masyarakat Pertenak Antusias Mengikuti

Jumat, 22 April 2022 | 14:18 WIB Last Updated 2022-04-22T07:18:17Z

Kerbau Bule

PADANGPARIAMAN -Sepuluh hari menjelang lebaran tahun 2022, masyarakat Korong Kampung Paneh, Nagari Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman melaksanakan kontes berbagai jenis kerbau lebaran.


Lomba tersebut langsung dihadiri Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Lomba tersebut dilaksanakan, karena budaya tersebut telah lama hilang ditelan zaman. Tak heran lomba tersebut sangat antusias diikuti para pemilik ternak kerbau bule dan kerbau besar lainnya.


"Kita langsung menyerahkan hadiah kepada para pemenang kontes kerbau lebaran ini. Budaya yang telah lama hilang ini perlu kembai digalakan untuk kemajuan Padangpariaman berjaya," kata Suhatri Bur, kemarin.

Kerbau Bule Yang Ikut Kontes


Katanya, kontes kerbau lebaran ini yang diadakan masyarakat korong Kampuang Paneh, Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung sangat menarik dan bisa menjadi daya tari untuk daerah.

Bupati Suhatri Bur Serahkan Hadiah Pada Pememang


"Selamat kepada para pemenang, semoga kerbaunya laris manis dalam menyambut bulan ramadhan sesuai kebutuhan masyarakat," ujarnya.


Apalagi katanya, budaya ini sebelumnya telah turun temurun dilakukan masyarakat sebelumnya lebaran, karena itulah budaya ini perlu dilestarikan menandakan kebersamaan.


Katanya, puluhan kerbau lokal dari berbagai jenis dan terbaik se Korong Kampung Paneh Pakandangan  mengikuti kontes ini.


"Kerbau-kerbau lokal terbaik dalam nagari ini  didatangkan para peternak yang berasal dari seluruh Korong se Nagari Pakandangan," ujarnya.


Katanya, pertenak ini sangat antusias mengikutsertakan kerbau miliknya dalam kontes ini, untuk menunjukan kelebihan dan keunggulan kerbau-kerbau yang mereka ternak sebelum dipontong.


"Dengan ada kontes ini pelaksanaan pemotong hewan lebaran semakin menarik untuk disaksikan dalam Nagari Pakandangan," ungkapnya mengakhiri.(ns)



×
Berita Terbaru Update