Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Antisipasi Pencurian Ikan dan Tambah PAD, Batang Aie Diniatkan ( Bauduah ) Masyarakat

Sabtu, 09 April 2022 | 13:50 WIB Last Updated 2022-04-09T06:50:24Z

Batang Aie Diasapi Dengan Kemenyan oleh Alimulama

PADANGPARIAMAN - Antisipasi pencurian ikan dalam sungai ( batang aie), kemarin, masyarakat Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat, diniatkan atau larangan aliran sungai ( bauduah).


"Larangan tersebut dilaksanakan agar setiap tahun ada hasil dari aliran sungai dalam kenagarian ini. Bahkan kalau kita buka sekali setahun bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Nagari Paritmalintang," kata Walinagari Paritmalintang Sudirman, kemarin.


Katanya, semenjak Jum'at 8 April tahun 2022, aliran sungai atau batang aie dalam Nagari Paritmalintang secara bernagari telah resmi diniatkan atau dilarangan. Untuk itu, semua pihak agar tidak lagi memancing atau jenis lain dalam  batang aie.


"Semua itu kita lakukan untuk kemajuan nagari. Marilah kita basamo menjago kelestarian batang aie ini

,semoga kedepan bisa menjadi pendapatan tetap asli nagari yang hasilnya akan bisa dinikmati oleh segenap lapisan masyarakat nagari," ungkapnya.

Alim Ulama Pasang Bendera Putiah Tanda Larangan


Dengan bimbingan tangan jelasnya, semua masyarakat Nagari Paritmalintang yang berada dalam nagari maupun perantauan mari berbimbing tangan untuk menuju nagari parik malintang kedepan yang lebih elok.  "Sehinga Nagari Paritmalintang menjadi tuan di rumahnya sendiri," tandasnya. (nn)

×
Berita Terbaru Update