Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sebanyak 53 Siswa MTsN 6 Padang Pariaman Ikuti Ujian Madrasah

Jumat, 25 Maret 2022 | 16:00 WIB Last Updated 2022-04-07T04:30:46Z

Kepala MTsN 6 Padang Pariaman Ali Wardana saat memantau ujian akhir di sekolahnya, Jumat (25/3).

PADANGPARIAMAN
- Sebanyak 53 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Padang Pariaman mengikuti pelaksanaan ujian akhir sekolah. Meskipun masih pandemi, namun pelaksanaan tetap berjalan aman dan lancar sesuai dengan protokol kesehatan.


Kepala MTsN 6 Padang Pariaman Ali Wardana mengatakan, ujian madrasah diselenggarakan sejak tanggal 21 sampai 26 Maret. "Ada sebanyak 15 mata pelajaran yang diuji kepada siswa kelas IX selama 6 hari itu," ujarnya.

Ia menyampaikan, dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, maka perlu diselenggarakan ujian akhir jenjang pendidikan, dalam bentuk Ujian Madrasah (UM), yang merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah.

Ujian Madrasah bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan, untuk semua mata pelajaran.

Penilaian hasil belajar, merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah, karena penilaan merupakan suatu proses pengumpulan dan pengolahan data dan informasi, untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik, terhadap Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Dikatakannya, penilaian hasil belajar di madrasah, meliputi penilaian harian yang mendukung untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik, setelah menyelesaikan suatu kompetensi dasar, penilaian akhir semester, serta penilaian akhir tahun dan Ujian Madrasah, yang dilaksanakan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik  pada akhir jenjang pendidikan.

“Olehnya itu, dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah, maka diharapkan kepada siswa-siswi yang mengikuti ujian, agar sungguh-sungguh dan teliti dalam membaca, menjawab  soal-soal, supaya hasilnya bisa maksimal, jangan asal menjawab soal materi ujian. bacalah dengan baik baru dipilih yang dianggap benar,” ujarnya.

Ia berharap kepada siswa agar semuanya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Meskipun kebebasan kelulusan diserahkan kepada sekolah, tentu pihaknya juga tidak lepas dengan tanggung jawab kepada siswa agar sungguh-sungguh selama mengikuti ujian yang juga merupakan sebagai penentu kelulusan. (ronal)

×
Berita Terbaru Update