Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Angka Lakalantas Meningkat di Pariaman, Satlantas Sosialisasikan Kamseltibcarlantas pada Ops Keselamatan Singgalang 2022

Rabu, 09 Maret 2022 | 21:04 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z


PARIAMAN
- Angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Keselamatan Singgalang 2022 mengalami peningkatan dibanding 2021 di Pariaman. Data tersebut, dihimpun selama pelaksanaan operasi, yaitu 1 Maret hingga 9 Maret 2022.

"Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Singgalang 2022, tren jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dibanding Operasi Keselamatan Singgalang 2021," jelas Kasat Lantas Polres Pariaman IPTU Anggy Prasetiyo pada Rabu (9/3).

Ia mengatakan, baru 9 hari operasi sudah ada 4 kejadian. Dari jumlah tersebut sebabkan 1 orang meninggal dunia dan yang lainnya luka ringan. "Semua korban rata-rata dalam usia produktif atau pelajar," ujarnya.

Jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, selama dua pekan atau 14 hari operasi ada 4 kejadian. Sementara tahun ini baru 9 hari sudah mencapai 4 kejadian.

Maka dari itu, kata IPTU Anggy, pihaknya melakukan upaya pencegahan kasat mata terhadap pengendara terutama yang tidak menggunakan helm. 

Ia menyampaikan, dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2022 ini melaksanakan tindakan terhadap tujuh pelanggar prioritas, yaitu pengemudi kenderaan bermotor (ranmor) yang menggunakan hand phone, pengemudi ranmor yang masih di bawah umur.

Kemudian petugas juga akan menindak pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol. "Juga bagi yang melawan arus, pengemudi ranmor yang tidak menggunakan safeti belt, dan mengemudikan ranmor secara ugal-ugalan," ujarnya.

Tidak hanya itu, Satlantas juga melakukan pelaksanaan pembinaan dan penyuluhan tentang kamseltibcarlantas berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, serta melaksanakan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta mematuhi Prokes.

"Kita juga akan memasang banner ditempat yang rawan sering terjadinya kecelakaan," ujarnya (ronal)

×
Berita Terbaru Update