Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Viral, Beredar Video Warga Binaan Lapas Pariaman Tiktok-an Dalam Lapas

Selasa, 30 Maret 2021 | 09:49 WIB Last Updated 2022-03-31T16:32:39Z
Warga Binaan Sedang Tiktok-an Dalam Lapas


PARIAMAN---Viral, beredar video sejumlah warga binaan Tiktok-an di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pariaman. Dalam video tersebut tampak empat orang narapidana perempuan berjoget dengan satu orang narapidana pria.


Video tersebut diunggah oleh akun Facebook atas nama Karantina Pariaman sebanyak tiga video yang isi kontennya memperlihatkan narapidana sedang asik bergoyang. 


Terkait unggahan video tik tok di Facebook itu, Kepala Lapas Klas IIB Pariaman, Eddy Junaedi membenarkan bahwa konten video tersebut dibuat di Lapas oleh narapidana. "Benar, itu narapidana Lapas Pariaman. Atas kejadian tersebut kami langsung menindak mereka (napi)," ujarnya.


Ia mengatakan, pihaknya telah menggeledah ruang narapidana tersebut dan menyita barang bukti berupa 2 unit HP Android dan 1 HP 'biasa' serta bukti lainnya. "5 orang napi tersebut sudah kami minta keterangan dan yang bersangkutan akan diberi sangsi," kata dia.


Terkait konten video tersebut, Eddy menjelaskan, berdasarkan pengakuan salah satu narapidana inisial NS, video itu diambil dengan HP miliknya sekitar Juni 2020. 


"Dan HP milik NS ini telah kami musnahkan juga pada 2020 karena terjaring saat razia atau penggeledahan blok hunian wanita. Di HP tersebut tidak ada video tik tok itu," sebutnya.


Dari keterangan NS lagi, petugas Lapas mengetahui kalau video itu telah dikirim kepada SD (napi perempuan) saat SD masih mendekam di Lapas Pariaman. 


SD merupakan salah satu napi perempuan yang ada di dalam video itu. "Sekarang SD itu telah berada di Lapas Perempuan Padang. Dia telah dipindahkan pada beberapa bulan yang lalu," ungkap Eddy Junaedi.


Pihak Lapas telah meminta keterangan dari SD terkait video tersebut namun SD yang berada di Padang tidak mengakui kalau dia yang mengirim konten tersebut ke Facebook. 


Sementara itu, terkait narapidana pria inisial DKP yang ikut berjoget bersama narapidana perempuan di blok hunian itu, Eddy mengatakan, kalau DKP masuk ke blok hunian tanpa sepengetahun petugas. 


Pada saat itu petugas regu sedang memeriksa blok hunian, DKP diam-diam masuk ke blok hunian perempuan.


Saat ini DKP telah dimintai keterangan dan mengakui kesalahannya. "Mereka yang terlibat di video itu segera mendapat sangsi. Kami juga telah memberikan pengarahan kepada mereka agar hal ini tidak diulang lagi," jelas Kalapas. (rr)

×
Berita Terbaru Update