Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ramal Saleh : Pembangunan Jalan Tol Solusi Memperlancar Arus Orang dan Barang Antar Propinsi.

Rabu, 03 Juni 2020 | 22:04 WIB Last Updated 2022-03-31T16:32:39Z

PADANG PARIAMAN---Terkait Pembanguan Jalan Tol ruas Padang Pariaman -Pekan Baru  berbagai pihak angkat bicara.

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumbar, H. Ramal Saleh, mengatakan, pembangunan jalan tol  Padang-Pariaman-Pekan Baru adalah solusi untuk memperlancar arus orang dan barang antara Sumbar dan Riau. Antara pantai Barat dan pantai Timur Sumatera.

Demikian disampaikan Ramal Saleh, dalam menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (3/6/2020), di Padang.

Menurut Ramal Saleh,.apabila jalan tol terealisasi akan ada dampak pisitive ekonomi untuk kedua daerah ini.

Kadin Sumbar sebagai representative dunia usaha di Sumbar tentu sangat mendukung pembangunan jalan tol ini.

Ditambahkan Ramal Saleh, tapi ada catatan penting yang perlu kita sampaikan agar pengadaan tanah untuk jalan tol ini dilakukan dengan menghormati hak-hak  pemilik tanah dalam artian memberi ganti untung dan transparan.

Sebelum tanah masyarakat di pancang-pancang  diadakan sosialisasi intensif melibatkan  tokoh adat, tokoh masyarakat lainnya pukek balam jo balam pukek puyuah jo puyuah agar tidak ada gejolak di masyarakat.

Kemudian pelaksanaan pembangunan taol Kadin Sumbar meminta kepada Haka-i untuk melibatkan sebanyak mungkin pengusaha local Sumbar.

“”Artinya, ugang orang menyemblih kerbau di halaman kita, tentu kita harus kena ole tets darahnya. Kita harapkan kepada pihak PT. Hutama Kaarya sebagai pelaksana, mohon untuk dipertimbangkan,” ujar  Ramal Saleh.

Tokoh masyarakat Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM yang dihubungi secara terpisah, mengatakan Jalan tol Padang Pariaman Pekan Baru, adalah pembangunan sarana transfortasi yang sangat strategis untuk kedua Propinsi Sumbar dan Riau.

Dikatakan,  Jalan reguler yang sudah ada sekarang ini sudah sangat padat sehingga waktu tempuh Padang – Pekan Baru bisa menghabiskan waktu lebih kurang  9 jam, itu kalau tidak ada kemacetan sedanglan jaraknya cuman lk 454  kilo meter.

Tetapi  Bila jalan tol sudah terbangun jarak ebih lkurang  255  kilo meter, bisa di tempuh 3 atau 4 jam. Secara ekonomis sangat menguntungkan bagi masyarajat kedua propinsi.

Transfortasi lancar, arus mobilisasi orang dan barang semakin lancar.

“ Hasil pertanian dan industri kerajinan masyarakat  Sumbar akan lebih meningkat pemasarannya. Dan begitu juga di  bidang Paeiwisata Sumbar akan lebih maju dan berkembang, karena masyarakat  Riau akan lebih mudah nenikmati keindahan dan jemajemukan daya tarik wisata Sumbar, dengan demikian ekonomi kedua propinsi akan semakin maju, dan pada gilirannya nanti tentu income per capita masyarakat  Sumbar akan menibgkat,” tukuk Mukhlis Rahman.

Pengusaha  muda Afrizal, SE ketika diminta pendapatnya, tentang efek positif pembangunan jalan tol Padang Pariaman-Pekan Baru, mengatakan, sebagai pelaku ekonomi kerakyatan terhadap  jalan  tol ada sisi positif dan negatifnya, itu tergantung pada situasi dan kondisi ekonomi masyarakat serta mobilitas transportasi. 

Di Sumbar jalan raya utama yang ada  belum terlalu lebar dan membuat transportasi kendaraan  tersendat dan macet itu pun terjadi sewaktu waktu dan tidak berkepanjangan setiap hari dan tidak berdampak pada turunnya mobilitas ekonomi pelaku usaha masyarakat  menengah ka bawah yang ada disepanjang jalan Padang-Pekan Baru.

Menurut Afrizal, kelancaran transportasi jalan tujuan nya sudah pasti pada pertumbuhan perekonomian dan masalahnya ekonomi yang mana tumbuh. Di Sumbar ekonomi masyarakat  terfokus pada pelaku usaha kecil menengah.

Jadi  yang diperlukan pada saat ini adalah memperlebar jalan yang sudah ada dengan  tujuan arus lalu lintas lancar yang berdampak pada meningkatnya siklus jual beli pelaku usaha yang ada dan munculnya pelaku usaha usaha baru.

Persoalan untuk pelebaran jalan ini adalah mau tidak mau masyarakat di sepanjang jalan menerima pelebaran jalan tersebut.

Kemudian pelebaran jalan tidak merugikan pihak yang terkena  pelebaran. Sosialisasinya harus tepat sasaran pada masyarakat yang terkena dampak kalau jalan tol hanya mempercepat,  distribusi barang.

Sampainya orang pada daerah tujuan. Baik tempat wisata dan tempat yang dikunjunginya pelaku usaha yang ada di sepanjang jalan dan pasar pasar rakyat perlahan lahan dengan sendirinya ada yang bertahan ada yang tutup.

Kalaupun ada rest area yang disediakan untuk pelaku usaha itu hanya bagi yang punya uang karena harus disewa. Yang namanya investasi sudah jelas ada untung bagi yang berinvestasi.

“Jadi pandangan saya lebih baik pelebaran jalan yang dilakukan disamping pembangunan jalan tol tetap dilanjutkan, mengingat kondisi pelaku usaha ekonomi masyarakat yang rata rata menengah ke bawah dan modalnya hanya cukup untuk membeli atau produksi barang dan dampaknya asap dapur sehari hari.

"Tapi karena jln tol sdh berjalan pembangunan yaa kita jalani saja dan semoga ada solusi dan keringanan bagi pelaku usaha yang pindah ke rest area dan bagi pelaku usaha baru menjadi pekerjaan rumah  buat pemerintah,” ucap Afrizal.

Lain pula pendapat mantan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hj. Endarmy mengatakan,  dibangun nya ajaln tol Padang Pariaman-Pekan Baru,  banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Pertama dibidang ekonomi,sosial, keamanan, maupun lainnya kita tahu jalan tol merupakan jalur bebas hambatan.manfaatnya banyak sekali.

Seperti menghemat waktu tempuh perjalanan menghemat beban meningkatkan ekonomi mayarakat menghindari resiko kemacetan dan mencegah terjadinya kecelakaan,meningkatkan potensi wisata.

Membuka lapangan kerja,  banyak nilai positif yang bisa diambil dengan adanya jalur khusus bebas hambatan ini.

Dalam hal ini juga akan terjadi kerugian yang berpotensi muncul dapat memicu masyarakat untuk lebih bersemangat membeli mobil baru dan bisa menurunkan omzet pedagang ditepi jalan umum karena banyak yang beralih ke jalan tol degan adanya keuntungan dan kerugian membangun jalan tol  maka bisa dipertimbangkan  untuk menentukan kebijakan terbaik bagi semua yang berkaitan.

“Pada prinsipnya, saya sangat setuju adanya pembangunan jalan tol ruas Padang Pariaman-Pekan Baru,” ucap Endarmy yang akrab disapa dengan unien. (aa)
×
Berita Terbaru Update