Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dampak COVID-19, 108 Kepala Keluarga Di Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago Terima BLT-DD

Sabtu, 30 Mei 2020 | 17:12 WIB Last Updated 2022-03-31T16:29:19Z
Ketua BAMUS Nagari Batu Kalang  H.Amiruddin Menyerahkan Secara Simbolis BLT Dana Desa Untuk Masyarakat Terdampak COVID-19. Fhoto : Istimewa

PADANG SAGO—Pemerintahan Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman, telah anggarkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD)  sebanyak Rp. 288.900.000 untuk 6 bulan dengan jumlah penerima 107  Kepala Keluarga (KK).

Hal itu disampaikan Wali Nagari Batu Kalang, H. Jamarusti dalam rapat khusus dengan Bamus Nagari, Selasa, (26/5/2020) di aula kantor nagari setempat.

Menurut Janarusti, bantuan akan diserahkan secara bertahap  dan tahap pertama diserahkan langsung 2 bulan April dan Mei 2020,  sesuai petunjuk dari DPMD Padang Pariaman.

Disampaikan Jamrusti, terlambatnya penyelauran BLT DD dari Nagari Batu Kalang, karena Tim Covid 19 Nagari Batu Kalang, terpaksa bekerja cek hendricek ke lapangan terhadap masyarakat yang akan diberikan bantuan BLT DD tersebut.

 “Kami bekerja Tim dan tidak sendirian, karena masaalah bantuan sangat sensitif,” ujar Jamrusti

Menurut Wali Nagari Jamarusti, sebelum BLT DD diturunkan dana DD juga sudah dipotong pihak Kabupaten Padang Pariaman Rp. 10.000.000  dan ADN Rp. 65 juta .

Sehingga total dana nagari yang terimbas Covid 19 Rp. 363 juta rupiah.

“Dengan demikian ada beberapa kegitan kegiatannya ditiadakan disebakan anggarannya telah dialihkan buat Covid 19,” tukuk Jamrusti.

Sekretaris Nagari Batu Kalang Dewi Ratna Sari, SE ketika dihubungi secara terpisah, Kamis (28/5/2020) mengatakan  penerima  BLT DD 107 orang tersebut, berada dalam korong dengan pembagian penerima disesuaikan dengan jumlah KK pada masing-masing korong.

“Korong yang  KK nya, terbanyak. Jumlah penerima berbeda degan korong yang sedikit KK nya. Pokoknya, kami berusaha seadil-adilnya dan tidak ada membedakannya, sesuai dengan jumlah anggaran yang tersedia,” ujar Dewi disela-sela penyerahan BLT DD Tahap pertama, didampingi Wali Korong Puncu Ruyung Agus Salim.
Salah seorang  penerima BLT DD Nagari Batu Kalang.

Anduang Surau (88) tahun, mengaku sangat berterima kasih atas adanya bantuan ini. Karena disamping usia sudah tua dan tidak bisa bekerja, ditambah lagi dengan tidak boleh ke luar rumah, makan bergizi di rumah saja.

“Kalau awak indak bapitih, samo apo makan bergizi,” tutur Andung Surau sambil tersenyum. 

Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, H. Amiruddin mengatakan, Bamus sesuai dengan tugasnya selalu mengawasi kinerja Wali Nagari bersama erangkatnya.

Kalau ada yang kurang tepat kita anjurkan supaya diluruskan, dengan harapan semua dalam kondisi aman dan nyaman. “Kalau bisa diipermudah untuk apa dipersulit ,” tukuk Amiruddin didampingi anggotanya Jamawir Yatim. (aa)
×
Berita Terbaru Update