Mendesak Pembenahan Pasar Sicincin - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 04 September 2019

Mendesak Pembenahan Pasar Sicincin

Nurkhalis Walinagari Sicincin
PADANGPARIAMAN---Masyarakat Nagari Sicincin, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman saat ini sangat mendambakan dilakukannya perbaikan atau reviltalisasi  pasar Sicincin. Pasalnya seperti diakui Walinagari Sicincin, H. Nurkhalis, kondisi pasar Sicincin saat ini tergolong sudah  cukup dimakan usia, sehingga kondisinya sangat mendesak untuk dibenahi serta ditata dengan baik. 

"Untuk itu harapan kita nantinya agar pasar Sicincin ini hendaknya bisa dibangun atau dibenahi sedemikian rupa, sehingga kesannya bisa lebih nyaman dan tertata dengan baik," ungkap H. Nurkhalis dihubungi di ruang kerjanya kemarin. 

Lebih jauh H. Nurkhalis mengakui, untuk keperluan perbaikan pasar Sicincin tersebut tentunya membutuhkan dana yang cukup besar, bahkan diperkirakan bisa mencapai ratusan miliar rupiah. Atau berkisar Rp.100 s-d 150 miliar. Dengan begitu barulah nantinya pasar Sicincin tersebut bisa dibenahi sedemikian rupa, sehingga tampilannya  bisa berkembang menjadi pasar tradisional modern. 

"Harapan kita nantinya pasar Sicincin ini nantinya bisa dibangun bertingkat, mungkin kalau bisa dibangun bertingkat tiga, sehingga dengan begitu keberadaan para pedagang nantinya bisa ditata sedemikian rupa, mana diantaranya lokasi bagi pedagang basah atau pedagang kering,"  terangnya. 

Demikian pula halnya penataan fasilitas parkir  yang ada di sekitar pasar Sicincin, juga nantinya bakal dibenahi sedemikian rupa, sehingga kesannya bisa lebih memberikan rasa kenyamanan terhadap pengunjung atau masyarakat yang datang untuk berbelanja. 

Ditegaskannya, terkait pembenahan pasar Sicincin tersebut, pihaknya dari Pemerintahan Nagari sebelumnya telah menghubungi Bupati Padangpariaman, H. Ali Mukhni. Hasilnya orang nomor satu di Kabupaten Padangpariaman itu berjanji akan berusaha memperjuangkannya melalui anggaran dari pemerintah pusat. 

"Prinsipnya Pak Bupati pada dasarnya sangat setuju untuk keperluan perbaikan terhadap pasar Sicincin tersebut. Untuk itu beliau menyebutkan akan mengusahakannya atau memperjuangkannya melalui bantuan dari pemerintah pusat. Intinya, kalau sekiranya nanti ada bantuan perbaikan pasar tradisional dari yang berasal dari bantuan pusat, dana tersebut selanjutnya akan diprioritaskan untuk keperluan perbaikan pasar Sicincin," terangnya.

Terkait hal itu H. Nurkhalis menyebutkan, pihaknya bersama masyarakat Nagari Sicincin jelas sangat menyambut positif keinginan Bupati Ali Mukhni tersebut. Termasuk nantinya pihaknya dari pemerintahan nagari tentunya akan berkoordinasi lebih jauh dengan kalangan Ninik Mamak, selaku penanggungjawab pengelolaan pasar Sicincin tersebut. 

H. Nurkhalis mengaku sangat optimis, jika saja pasar Sicincin tersebut bisa dibenahi dan ditata sedemikian rupa, maka tentunya akan sangat berdampak positif terhadap tampilan dari pasar Sicincin dimaksud. Terlebih lokasinya juga terbilang sangat strategis, yang terletak di pinggir ruas jalan Padang-Bukittinggi. 

"Karena seperti diketahui pasar Sicincin ini sebelumnya merupakan salah satu pasar tradisional utama dan terpenting di lingkungan Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung lama, sehingga dengan alasan itu pula memang sudah selayaknya pula jika pasar ini bisa dibangun atau dipugar sedemikian rupa," terangnya. 


Selain itu, tidak kalah pentingnya, sama dengan pasar tradisional lainnya yang ada di Padangpariaman, di pasar Sicincin juga banyak ditemukan aneka jenis makanan tradisional yang banyak dijual para pedagang di pasar Sicincin. Dan hal itu menurutnya nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk singgah berbelanja di pasar tersebut. (ris)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad