Ketua Forum Walinagari Minta Anggota DPRD Hasil Pemilu Lebih Intens Turun ke Masyarakat - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 05 September 2019

Ketua Forum Walinagari Minta Anggota DPRD Hasil Pemilu Lebih Intens Turun ke Masyarakat

H.Zulhendrayani Ketua Forum Walinagari Padang Pariaman ( Fhoto : Yurisman Malalak)
PADANGPARIAMAN----Ketua Forum Walinagari Padangpariaman, H Zulhendrayani berharap agar wakil rakyat Padangpariaman terpilih hasil pemilu 2019 bisa memberikan warna baru terhadap perjalanan DPRD Padangpariaman untuk lima tahun ke depan. "Karena seperti diketahui dari hasil pemilu legislatif 2019 baru-baru ini hasilnya separohnya merupakan wajah baru, untuk itu ke depannya mereka tentu diharapkan bisa memberi warna baru terhadap anggota DPRD yang telah duduk sebelumnya," demikian ditegaskan oleh H Zulhendrayani, saat dikonfirmasi kemarin melalui ponselnya.

Lebih jauh Walinagari Koto Baru ini menyebutkan, sebagai anggota DPRD, sudah seharusnya para wakil rakyat  bisa menjalankan tiga fungsi pokok utamanya. Yaitu dalam hal pengawasan, legislasi dan fungsi penganggaran. Artinya sesuai tugas dan fungsinya sebagai  anggota DPRD mereka mestinya tidak boleh keluar dari tiga tugas utama tersebut, termasuk diantaranya tidak pula harus ikut-ikutan hingga ke tingkat eksekusi termasuk tidak mesti ikut campur dalam hal pengerjaan proyek atau program pokir yang mereka usulkan."Karena kan seharusnya anggota dewan itu fungsinya hanya memperjuangkan aspirasi masyarakat, termasuk melalui pokok pikiran hingga sampai tingkat penganggaran. Dan setelah itu  tentunya mereka harusnya hanya aktif mengawasi jadi bukannya ikut terlalu jauh dalam hal mengeksekusi pengerjaan proyek yang mereka usulkan tersebut," terangnya.


Lagi pula lanjut Zulhendrayani, sejauh ini masih cukup banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan daerah Kabupaten Padangpariaman. Baik itu masih perlunya pembenahan bidang infrastruktur, penataan ekonomi, hingga perbaikan fasilitas ekonomi dan pembenahan sarana pertanian lainnya.

Dengan alasan itu pula sebut Zulhendrayani, sebagai anggota Dewan tentunya sudah seharusnya pula mereka harus lebih aktif melakukan dialog ke tengah masyarakat, termasuk menjaring sebanyak-banyaknya aspirasi yang dibutuhkan oleh masyarakat atau konstituennya. Prinsipnya sebut Zulhendrayani, sebagai wakil rakyat yang akan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat pemilihnya, maka sudah sewajarnya pula jika mereka mestinya harus lebih aktif turun ke bawah, termasuk harus respon dalam menyikapi berbagai  permasalahan yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak.

"Makanya harapan kita ke depan anggota setiap DPRD harusnya sudah harus mengurangi kegiatan kunjungan keluar daerah. Lebih baik yang diutamakan itu adalah kunjungan langsung atau tatap muka dengan  masyarakat. Barulah dengan begitu mereka akan bisa mengetahui bagaimana sebetulnya harapan dan keinginan yang dibutuhkan oleh masyarakat," terangnya.

Selain itu, sebagai wakil rakyat yang menjadi harapan masyarakat banyak, para anggota DPRD semestinya bisa melahirkan pokok-pokok fikiran yang lebih cerdas dan berbas, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan yang ada di tengah masyarakat. "Karena yang namanya pokok fikiran anggota Dewan itukan mestinya tidak harus melulu menyangkut persoalan infrastruktur, seperti pembangunan jalan atau jembatan dan lain sebagainya. Namun  hendaknya juga harus menyentuh secara langsung terhadap upaya-upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Termasuk diantaranya berupaya kegiatan pelatihan dan lain sebagainya," terangnya.

Pihaknya mengaku optimis, jika saja anggota Dewan yang baru dilantik baru-baru ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka tidak tertutup peluang ke depannya hal itu juga akan berimbas secar langsung terhadap peningkatan reputasi mereka di hadapan konstituen atau para pemilihnya. Karena kalau masyarakat yang mereka wakili telah merasakan dampak dari kehadiran wakil yang mereka pilih, maka bisa saja untuk lima tahun berikutnya mereka pun akan kembali dipilih oleh rakyat.

"Kalau sudah seperti itu kan mereka mestinya tidak lagi harus pusing-pusing untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat. Karena saat mereka duduk di DPRD mereka tidak pernah melupakan konstituen yang telah berjasa mendukung mereka. Kalau hal itu telah dilakukan itukan akan berdampak terhadap kepercayaan masyarakat terhadap mereka," terangnya.

Meski demikian  H Zulhendrayani mengaku optimis jika keberadaan wakil rakyat yang duduk di DPRD Padangpariaman saat ini bakal bisa lebih baik dari sebelumnya, terlebih melihat banyaknya figur-figur publik atau wajah-wajah baru yang duduk mewarnai kursi DPRD untuk lima tahun ke depan. "Kuncinya mereka atau wajah-wajah baru tersebut mestinya harus bisa mewarnai, jadi jangan sampai mereka pula yang terbawa arus oleh sistim yang ada sebelumnya. Prinsipnya sebagai wakil rakyat yang telah dipercaya masyarakat, mereka harusnya harus lebih berani untuk merubah pola yang telah berjalan selama ini," bebernya. (ris)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad