Minggu, 18 November 2018

Dorong Keterlibatan Masyarakat, Panwascam Padang Sago Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Camat Padang Sago Zaldi Arnas didampingi Komisioner Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Rudi Herman, SE, Kapolsek VII Koto dan Danramil VII Koto dan Ketua Panwascam Padang Sago Nursyamsi, Memberikan Sambutan Pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Minggu 18 November 2018, di Balairung Dt.Tan Ameh Korong Durian Siamih Nagari Batu Kalang Utara ( Fhoto : Wis )
Padang Sago, (Reportase Sumbar)---Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq mengatakan, untuk mengefektikan pengawasan pemilu di tingkat nagari diharapkan adanya peran serta masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Anton Ishaq,pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu yang digelar Panwaslu Kecamatan Padang Sago,Minggu (18/11/2018) di Balairung Dt.Tan Ameh Korong Durian Siamih Nagari Batu Kalang Utara.

Anton menjelaskan, sosialisasi ini adalah bagian dari upaya mengajak masyarakat terlibat aktif dalam pengawasan pemilu.
Sosialisasi seperti ini menurutnya juga telah dilakukan oleh Panwaslu pada 17 kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

"Yang pasti bahwa kegiatan ini pada intinya untuk lebih mengefektifkan pengawasan dari sisi partisipasi masyarakat. Masyarakat diajak ikut serta berpartisipasi mengawasi pemilu," ujarnya.

Dia meminta agar masyarakat lebih aktif dalam membantu terselenggaranya pemilu dengan baik.
Ketika menemukan upaya yang berpotensi terjadinya kecurangan, berupa money politik maupun tindakan lain agar melaporkan Panwaslu Kecamatan atau bisa juga langsung ke Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara itu Camat Padang Sago Zaldi Arnas.S.Sos pada kesempatan tersebut meminta kepada peserta yang diundang untuk mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini hingga selesai.

"Sehingga ilmu yang diperoleh hari ini dapat pula ditularkan kepada seluruh masyarakat di kecamatan Padang Sago. Sehingga pelanggaran pemilu dapat diantisipasi, karena sudah memahami aturan dan perundang-undangan yang berlaku," kata mantan Camat Patamuan itu.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Padang Sago Nursyamsi menyebutkan, kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif diikuti walinagari nagari, Ketua BAMUS, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Ninik Mamak serta tokoh-tokoh masyarakat se Kecamatan Padang Sago.

Nara sumber yang memberikan materi pada sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif hari ini adalah Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq, Kordiv PHL Rudi Herman dan Kordiv DPP Zainal Abidin.


"Kami berharap dengan digelarnya sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif  akan mendorong peran serta masyarakat untuk  bersama untuk mengawasi pemilu di Kecamatan Padang Sago. Sesuai motto Bawaslu, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu, " tambahnya. (***/ris)





SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: