Kamis, 12 Juli 2018

SABERMAS Inovasi Dinas Kesehatan Padang Pariaman

dr.Aspinuddin Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman ( Fhoto : Yurisman Malalak )
Padang Pariaman (Reportase Sumbar)---Setelah dinilai  sukses menjalankan program Papa Garda Tangkas atau Public Safety Center (PSC 119), kini jajaran Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman kembali menggagas sebuah program inovasi baru yang diberi nama Sabermas  atau Sehari Bersama Masyarakat.

Seperti diakui Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman, Aspinuddin, melalui program Sabermas dimaksud diharapkan akan bisa memberikan solusi terbaik guna mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Khususnya, terkait problem atau masalah kesehatan yang mereka hadapi.

“Sebagai contoh jika ada misalnya masyarakat yang dikunjungi ada yang belum memiliki Kartu BPJS, atau fasilitas jamban misalnya, maka setelah dilakukan kunjungan ke tempat mereka, diharapkan permasalahan itu bisa sesegeranya dituntaskan. Artinya kehadiran kita turun ke tengah masyarakat itu sifatnya diharapkan bisa memberikan solusi tuntas. Jadi tidak hanya sekedar datang untuk sekadar meninjau seperti yang ada selama ini,” terangnya.

Artinya kunjungan yang dilakukan sifatnya tidak hanya sekadar seremonial atau kunjungan biasa, melainkan bisa memberikan solusi tuntas bagi masyarakat.

Di pihak lain menanggapi program Sabermas sendiri, Bupati Ali Mukhni sendiri lanjut Aspinuddin telah menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung program tersebut.

“Bahkan beliau sendiri ikut memerintahkan agar program tersebut bisa sesegeranya direaliasikan. Bahkan Pak Bupati secara tegas juga telah menyatakan kesediaannya untuk ikut bersama-sama turun langsung ke tengah masyarakat. Atau bahkan jika perlu sekalipun nanti harus menginap di tengah lingkungan masyarakat,” terangnya.

Melalui konsep Sabermas sendiri lanjut Aspinuddin, pihaknya nantinya bisa saja akan turun bersama 100 anggota rombongan, melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman.

Sekalian juga ikut melibatkan jajaran petugas kesehatan yang ada di lingkungan daerah yang bakal dikunjungi. “Untuk itu mungkin nantinya kita bisa saja turun sekali sebulan atau lebih, tentunya tergantung pada kebutuhan dan kondisi di lapangan,” terangnya.

Tidak jauh berbeda dengan program sebelumnya yang sukses dijalankan jajaran Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman, seperti Program Padangpariaman Sehat yang digagas Bupati Ali Mukhni, program PSC 119 serta berbagai terobosan dan inovasi lainnya, pihaknya mengaku optimis jika program Sabermas itu nantinya bakal bisa berjalan sukses serta bisa mendapat sambutan luas dari berbagai elemen masyarakat Padangpariaman.

“Karena bagaimana pun program ini bisa dikatakan baru pertamakali dilakukan di Indonesia, tidak jauh berbeda dengan program  PSC 119, makanya harapan kita ke depan program ini hendaknya bisa mendapat dukungan penuh dari semua pihak,” terangnya.

Sebelumnya, program PSC 119 yang diprogramkan Pemkab Padangpariaman melalui Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman belakangan mendapat apresiasi dan respon dari berbagai pihak, terlebih di Provinsi Sumbar sendiri, sejauh ini baru Kabupaten Padangpariaman yang telah menjalankan program tersebut.

Bentuk apresiasi terhadap program PSC yang dijalankan Dinas Kesehatan Padangpariaman setidaknya terlihat dengan diundangnya Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman, H Aspinuddin memaparkan program PSC 119 di hadapan jajaran Kepala Dinas Kesehatan se-Sumatera Barat, bertempat di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

Bahkan tidak hanya sebatas itu saja, Menteri Kesehatan RI sendiri sebelumnya juga ikut berkesempatan melounching secara resmi program PSC tersebut. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: