Rabu, 25 Juli 2018

Bupati Ali Mukhni Tak Kenal Lelah Tinjau Kawasan Terpadu Tarok


 PADANG PARIAMAN,(Reportase Sumbar)---Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni hampir setiap hari meninjau lokasi pembangunan Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT) di Korong Tarok, di Kanagarian Kepala Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutanam.

"Baik dalam kondisi cuaca hujan maupun panas saya selalu melihat pengerjaan pembangunan di Kawasan Pendidikan Terpadu ini," kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, Rabu (25/7/2018)

Apalagi katanya, saat ini sedang berlangsung pembukaan jalan dari lokasi Tarok menuju Tandikek Patamuan. "Semoga Pengerjaan nya dapat berjalan lancar," ujarnya

Ali Mukhni mengatakan pada tahun ini telah dianggarkan dana Rp 20 milyar untuk peningkatan jalan di sekitar kawasan Tarok City.

Pembangunan jalan tersebut sebagai bentuk komitmen daerah dalam percepatan infrastruktur pendidikan terpadu.

“Tarok City sudah menjadi isu nasional. Sudah banyak dikunjungi oleh Menteri maupun pejabat pusat. Bahkan kami telah melaporkan kepada Bapak Presiden ketika kunjungan kerja beberapa waktu lalu,” katanya.

Katanya lagi, adanya pengerasan jalan, akan menambah daya tarik bagi investor atau masyarakat yang ingin berinvestasi di Tarok City.

Saat ini saja harga tanah yang semula hanya Rp 35 ribu meter saat ini sudah ada mencapai Rp 150 sampai Rp 250 meter ribu permeter.

“Sekarang saja trend harga tanah sudah naik. Apalagi kalau sudah diaspal tentu bisa-bisa (harga tanah) melambung tinggi,” kata Pria yang digadang-gadang menjadi Gubernur Sumbar mendatang.

Segi ekonomi, tambahnya, akan terjadi perputaran uang yang sangat besar di kawasan kayu tanam dan sekitarnya. Tumbuh juga ekonomi kreatif yang baik sektor jasa, home industri maupun perumahan.

“Diperkirakan uang beredar bisa milyaran per hari apabila kampus-kampus sudah berdiri. Takkan ada lagi lahan tidur disini, semuanya sudah menjadi ladang bisnis,” katanya.

Ditambah lagi katanya, masyarakat menyambut antusias dimulainya pembangunan akses jalan masuk kawasan Tarok City. Jalan selebar 75 meter dengan panjang sekitar tiga kilometer itu juga dilengkapi dengan saluran drainase kiri dan kanan. Daerah yang dulunya hutan belantara nantinya akan menjadi kota metropolitan.

Asrilzal Dt Pangulu salah seorang ninik mamak setempat menyatakan, sungguh besar jasa Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni di nagarinya. "Tarok menjadi harapan baru ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, adanya pembangunan Tarok City, akan menjadikan Nagari Kapalo Hilalang semakin ramai. Banyak perantau yang mendukung dan mengajak masyarakat turut serta mendukung program nasional itu.

Seperti diketahui kawasan pendidikan terpadu akan dibangun kampus, rumah sakit dan Diklat. Diantaranya UNP, Politeknik UNAND, ISI, IAIN, RumahbSakit Vertikal serta Badan Diklat LAN. Kawasan seluas 697 hektar berada dijalan Padang-Bukittinggi yang hanya berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Minangkabau.(ris)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: