Senin, 04 Juni 2018

Padangpariaman Siap Jadi Minatur Smart City-nya Indonesia


Padang Pariaman (Reportase Sumbar)----Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan bahwa Pemkab Padangpariaman memang sangat berkomitmen dalam meningkatkan penggunaan teknologi informatika dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pelayanan publik dan pembangunan sebagaimana yang dikenal dengan e-goverment.

"Karena itu kita perlu sosialisasi Insfrastruktur dan aflikasi smar city di lingkungan Pemkab padangpariaman," kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat acara, kemarin.

Katanya, Pemkab Padangpariaman sebagai daerah Smart City di Indonesia, sebagaimana program Pemerintah Pusat dalam Gerakan Menuju 100 Smart City. Trend gerakan pembangunan daerah berbasiskan Smart City bisa disaksikan di berbagai wilayah nusantara, seperti Surabaya, Bandung, Makasar, Bayuwangi, Bojonegoro dan lain-lain. Disetiap daerah tersebut memiliki kisah sukses membangun smart city yang berbeda-beda sesuai dengan masalah yang dihadapinya. Kita Padangpariaman harus bisa juga seperti itu,” katanya.

Dikatakan,   konsep smart city adalah konsep yang unik dan dinamis. Inisiasi-inisiasi yang muncul sebagai solusi akan permasalahan daerah yang satu tidak serta merta bisa diaplikasikan sebagai solusi akan permasalahan yang muncul di daerah lain. Hal ini terjadi karena Smart City menekankan pentingnya sebuah inovasi untuk menyelesaikan persoalan masing-masing dengan memanfaatkan TIK, sensor, dan data analitik.

Ali Mukhni menegaskan agar Dinas Kominfo bersama OPD lain dapat melakukan proses transformasi smart city dengan pemanfaatan TI dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan pada masyarakat. Sosialisasi Smart City yang dilakukan,  merupakan salah satu langkah menuju smart city tersebut.

Menurutnya, target tahun ini, infrastruktur jaringan internet sudah sampai ke 103 nagari dan sekolah-sekolah. Sehingga pemanfaatan TIK bisa lebih optimal dan pelayanan jaringan internet pemerintah lebih luas sampai ditengah-tengah masyarakat.

“Terkait  pengembangan e-Government diharapkan seluruh OPD  Kecamatan dan Nagari dapat memanfaatkan jaringaninternet yang sudah dibangun secara optimal. Dengan pengembangan dan penerapan aplikasi yang terintegrasi, seperti e-planing, e-budgeting, SIMDA online, SIMDUK, Sistem Pelayanan Perizinan Online, Lumbung Data, Fingerprint dan lain-lain. Disamping itu juga untuk memacu OPD dan Pemerintah Kecamatan menggunakan IT dalam pelayanan dan pelaksanaan tugas seperti LPSE, e-Kinerja, e-Monev, e-LPPD, e-Lakip, e-Audit, e-Surat, Smart PJU, e-Tax, e-Nagari, e-Pustaka, e-Arsip, website dan lain-lain,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman Zahirman menyampaikan sosialisasi diikuti kepala OPD, Camat dan instansi terkait lainnya. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang sama di lingkungan pimpinan di Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman.(ris)






SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: