Kamis, 07 Juni 2018

Masyarakat Padang Alai Sambut Antusias Pelebaran Jalan V Koto Timur- Malalak Barat


Ilustrasi Pelebaran Jalan ( Fhoto : Internet)

Padang Pariaman (Reportase Sumbar)-----Masyarakat Gunung Padang Alai, Kecmatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, agaknya sangat menyambut antusias program pelebaran jalan yang dilakukan jajaran Pemkab Padangpariaman.

Seperti diketahui, program pelebaran jalan di kawasan itu bahkan telah sampai diperbatasan daerah Kabupaten Padangpariaman dan Kabupaten Agam.

Bakri salah seorang warga Patamuan, Kanagarian Gunuang Padang Alai, V Koto Timur ditemui di sekitar ruas jalan tersebut mengaku sangat menyambut baik program pelebaran jalan yang berada di perbatasan antara Kabupaten Padangpariaman dan Kabupaten agam itu.

“Namun harapan kita tentunya program pelebaran jalan ini hendaknya juga bisa diikuti dengan pelebaran jalan di Kabupaten Agam, sehingga dengan begitu akses lalu lintas yang menghubungkan kedua daerah bisa lebih lancar,” terangnya.

Bakri mengakui, berbeda dengan kondisi ruas jalan Padangpariaman yang telah dilebarkan, di pihak lain kondisi ruas jalan di sekitar Kabupaten Agam masih relatif sempit.

“Padahal ruas jalan ini sering dimanfaatkan masyarakat di sini untuk menuju Kota Bukittinggi. Makanya kita tentu sangat gembira bila sekiranya pelebaran jalan ini juga bisadiikuti pelebaran jalan di Malalak oleh Pemerintah Kabupaten Agam,” harapnya.

Lebih jauh Bakri menyebutkan, sejak dilakukannya pelebaran ruas jalan di kawasan itu, belakangan juga membuat pengendara semakin antusias menempuh dan melewati jalur tersebut. Bahkan tidak hanya siang namun juga saat malam hari, juga banyak kendaraan yang lalu lalang.

“Kondisinya sekarang memang sangat jauh berbeda dengan sebelum ruas jalan ini diperlebar. Apalagi sejak musibah gempa pada tahun 2009 lalu, ruas jalan ini seakan semakin jarang dilewati pengendara. Tapi kini sejak telah diperlebar kembali ramai dilewati pengendara,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Al salah seorang warga V Koto Timur juga sangat merespon program pelebaran ruas jalan Gunung Padang Alai hingga perbatasan Agam itu. Pasalnya lanjutnya, ruas jalan itu selama ini merupakan salah satu jalur alternatif penting yang bisa dimanfaatkan memperpendek jarak tempuh menuju Kota Bukittingi.

 “Makanya selama ini masyarakat dari Kecamatan V Koto Timur maupun V Koto Kampuang Dalam biasanya sering melewati jalur ini untuk menuju ke Bukittinggi. Makanya dengan alasan itulah pihak Pemkab Padangpariaman akhirnya membuka dan memperlebar akses jalan di kawasan itu,” terangnya.

 Al juga mengakui seperti ditegaskan Bupati Ali Mukhni, program pelebaran ruas jalan di kawasan perbatasan Agam itu juga akan terhubung langsung dengan ruas jalan Gunung Padang Alai Sungai Geringging terus  ke Lubuk Basung.

“Makanya tentu besar harapan kita kiranya pemerintah Kabupaten Agam nantinya juga mau menindaklanjutinya, dengan juga melanjutkan memperlebar ruas jalan yang ada di kawasan perbatasan Kabupaten Agam, sehingga dengan begitu akses transfortasi antar kedua daerah bsa semakin lancar secara timbal balik,” imbuhnya.

 Diakuinya, jalur Sungai Geringging, V Koto Kampuang Dalam, dan V Koto Timur terus ke perbatasan Kabupaten Agam di Malalak selama ini merupakan salah satu kawasan terpelosok yang terbilang padat penduduk, sehingga dengan begitu tidak tertutup kemungkinan program pelebaran ruas jalan di kawasan itu akan berdampak pula terhadap berkembangnya kawasan pertumbuhan baru di kawasan itu. “begitu pula dengan adanya pelebaran ruas jalan ini tentu ke depannya, akan ada transfortasi angkutan umum yang melayani masyarakat. Baik yang akan menuju Kota Bukittingi, Sungai Geringging, hingga ke Kecamatan Sungai Limau Kota Pariaman dan daerah sekitarnya,” imbuhnya. (*)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: