Sabtu, 12 Mei 2018

Tinggi Penderita IVA di Padang Pariaman Data Tahun 2017 Capai 112 Orang

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman dr.Aspinuddin ( Fhoto : Antara Sumbar )

Padang Pariaman (Reportase Sumbar)--Buktinya, selama 2017 jumlah wanita di daerah ini yang positif mengalami IVA sebanyak 112 orang.

Untuk itu Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Padangpariaman Aspinuddin meminta para perempuan di daerah iini agar rutin melaksanakan tes inspeksi visual asam asetat (IVA) di puskesmas terdekat, guna mendeteksi dini kanker mulut rahim.

"Tes IVA harus dilakukan sekali enam bulan oleh wanita di atas usia 30 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padangpariaman, Aspinuddin, kemarin.

Ia mengatakan selama ini banyak wanita di daerah ini tidak mau melakukan tes IVA karena merasa malu, padahal pemeriksaannya dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Oleh karena itu petugas medis di puskesmas harus lebih aktif mensosialisasikan tentang pentingnya tes IVA kepada para perempuan.

Dengan perempuan banyak melakukan tes IVA maka pihaknya dapat menekan adanya potensi penderita kanker mulut rahim.

Sementara itu, Ketua Pembina Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Padangpariaman, Ny Rena Ali Mukhni mengatakan pihaknya akan terus menyosialisasikan kepada anggota organisasi dan wanita di daerah itu untuk melaksanakan tes IVA.

"Ini penting karena selama ini wanita baru tahu kalau terserang kanker mulut rahim kalau sudah stadium 3," katanya.

Padahal, lanjutnya penyakit tersebut dapat diantisipasi dengan melakukan pemeriksaan ke puskesmas tanpa dipungut biaya.

Ia mengimbau wanita di daerah itu untuk rutin melakukan tes IVA guna mengantisipasi kanker mulut rahim.
"Jadi untuk pencegahan maka semua wanita harus melakukan tes IVA," tandasnya mengakhiri.(ris)


SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: