Senin, 14 Mei 2018

Hafiz Alquran di Sungai Limau Bertekad Selamatkan Bumi dari Musibah dan Bencana

Ilustrasi Bencana Tsunami ( Sumber Fhoto :facebookbantennews.com)
Padang Pariaman, (Reportase Sumbar) ,---Perayaan Wisuda Hafiz Alquran perdana yang dipusatkan di Masjid Raya Sungai Limau Kabupaten Padangpariaman Sabtu kemarin tampak  berlangsung semarak. Suasana syahdu dan khidmat juga tampak mewarnai perayaan wisuda hafiz yang diikuti sekitar 100-san hafiz dan hafizah se Kecamatan Sungai Limau itu.


Seperti terungkap Sabtu kemarin, selain disemarakkan dengan penyerahan piagam atau sertifikat hafiz, sesuai tingkat hafalan masing-masing peserta, Wisuda Hafiz Sabtu kemarin juga diwarnai Pawai Taaruf keliling kawasan Pasar Sungai Limau yang mendapat sambutan antusias dari warga di daerah itu.


Seperti diakui Ketua Panitia Pelaksana, Yardi, dan Andi Susanto, selaku perwakilan Ikatan Keluarga Perantau Sungai Limau (IKAPS), kegiatan wisuda hafiz  Sabtu kemarin sepenuhnya turut didukung dan mendapat dorongan penuh organisasi IKAPS, baik yang ada di perantauan atau di kampung halaman.

Hal itu menurutnya, setidaknya terlihat dari berbagai bantuan dan berbagai bentuk hadiah lainnya yang diserahkan IKAPS kepada masing-masing peserta wisuda hafiz Sabtu kemarin.  “Karena kita dari IKAPS menginginkan agar nantinya tidak ada lagi anak-anak di Sungai Limau ini yang tidak hafal Alquran, baik itu satu dua, tiga juz atau lebih dari itu, karena itulah IKAPS dalam hal ini sangat mendukung penuh kegiatan wisuda hafiz yang diikukuti ratusan anak-anak di Sungai Limau ini,” terangnya.


Ditambahkan, selain menyediakan hadiah berupa tas sekolah, paket buku dan uang pembinaan lainnya, IKAPS sendiri selama ini juga aktif membantu atau memberikan donasi kepada guru mengaji yang ada di Sungai Limau. Jumlahnya berfariasi, hingga ada yang mencapai Rp800 ribu.

“Semua itu tak lain bagaimana menciptakan lahirnya generasi  yang qurani di Sungai Limau ini, dimana kegiatan hafiz ini merupakanm salah satu langkah awal bagi mereka untuk bisa lebih mempelajari, mendalami dan mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Andi Susanto.


Ketua Panitia Pelaksana, Yardi menyebutkan, kegiatan Wisuda Hafiz yang dipusatkan di Masjid Raya Sungai Limau Sabtu kemarin, merupakan kegiatan wisuda yang pertamakalinya yang digelar secara serentak. Kegiatan itu sendiri lanjutnya diikuti sekitar 100-an hafiz dan hafizah yang berasal dari dari berbagai lembaga pendidikan Alquran di Kecamatan Sungai Limau.

Lebih jauh Kepala KUA Sungai Limau Eljusra Amir maupun Camat Sungai Limau Jefriatos mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Wisuda Hafiz yang berlangsung di Masjid Raya Sungai Limau Sabtu kemarin. Disebutkan, kegiatan Wisuda Hafiz tentunya merupakan langkah yang sangat tetap dalam menanamkan semangat kecintaan anak terhadap ajaran atau nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Alquran.


“Bahkan dengan adanya kegiatan hafiz seperti ini, bisa diibaratkan kita telah menyelamatkan bumi, khususnya dari berbagai macam musibah dan bencana. Makanya ke depan kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus lebih ditingkatkan lagi,” terang Kepala KUA Sungai Limau Eljusra Amir.

Senada dengan itu Camat Sungai Limau, Jefriatos  mewakili Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni juga menegaskan bahwa jajaran Pemkab Padangpariaman juga sangat mendukung berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan oleh masyarakat, seperti halnya maraknya kegiatan hafiz Alquran yang trdapat di sekitar Kecamatan Sungai Limau. “Jadi kegiatan ini tentunya tidak hanya dipandang sebatas serimonial saja, melainkan kedepannya tentunya akan berdampak positif dalam menanamkan semangat cinta Alquran terhadap generasi muda di daerah ini,” terangnya. (*)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: