Rabu, 14 Maret 2018

Wako Pariaman Mukhlis Rahman Penyusunan RPJMD Tidak Bisa Dilakukan Bappeda Saja, Namun Perlu Dukungan OPD


Pariaman (Reportase Sumbar)--- Walikota Pariaman H Mukhlis Rahman menyatakan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tidak bisa dilakukan oleh Bappeda saja namun perlu adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemko Pariaman. Tanpa dukungan semua pihak dan OPD tentu RPJMD tidak dapat selesai sebagaimana yang diharapkan semua orang.

"Sebagai OPD perlu menyusun renstra yang bersamaan dengan penyusunan RPJMD. Kedua dokumen ini saling mengisi satu sama lain, artinya renstra merupakan dokumen yang menjadi masukan dalam penyusunan RPJMD dan begitu sebaliknya, untuk itu perlu kesinergian dan kesamaan pandangan bagi kita semua di dalam menyusun kedua dokumen ini," kata Walikota Pariaman H Mukhlis Rahman saat acara Bimbingan Teknis Penyusunan dan evaluasi RPJMD dan Rencana Strategi ( Restra ) bagi OPD di lingkungan Pemko Pariaman, kemarin.

Pemerintah Kota Pariaman melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategi (Renstra) bagi Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Pariaman, yang bertempat di Hotel Safari Inn, Kota Pariaman.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman yang membuka Bimtek tersebut mengatakan, penyusunan rancangan awal dokumen RPJMD periode 2018-2023 dan penyusunan Renstra bagi OPD harus sudah dimulai sebelum terpilihnya kepala daerah yang baru, periode 2018-2023.

Mukhlis Rahman berharap, bimtek yang berlangsung selama tiga hari kedepan dapat membawa perbaikan dalam tahapan perencanaan hingga tahapan evaluasi.

"Kepada semua peserta Bimtek yang hadir, mulai dari Eselon II, III dan IV. agar dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh, dan informasi yang didapatkan nantinya, hendaknya dapat menjadi acuan dalam membuat kerangka Renstra di OPD nya masing-masing," tukas Mukhlis Rahman.

Dengan diadakannya bimtek ini, diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan oleh masing-masing Kepala OPD tentang ketugasan dan tanggung jawab, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Dalam Bimtek ini Bappeda Kota Pariaman menghadirkan Narasumber dari Direktur Perencanaan, evaluasi, dan informasi pembangunan daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan Deputi RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN & RB RI. (ris)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: