Selasa, 27 Maret 2018

Dokcil dan KKR Dibekali, tentang Penguatan Tim Pelaksana UKS

PADANG,(Reportase Sumbar)---Sebanyak 180 dokter kecil (dokcil) dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) di Kota Padang mendapatkan kesempatan mengikuti pembekalan penguatan tim pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kegiatan ini dilaksanakan Bagian Kesra Sekretariat Kota Padang, bertempat di Hotel Grand Zuri Padang, Selasa (27/3).

Menurut Sekda Kota Padang Asnel, pembentukan kader kesehatan, baik dokter kecil maupun KKR di masing-masing lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai pioner dalam menyampaikan informasi kesehatan , pola hidup sehat dan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.


"Pembentukan kader kesehatan dipandang perlu untuk menyampaikan informasi kesehatan di lembaga pendidikan, " kata Asnel saat membuka kegiatan ini.

Sekda menambahkan,  UKS diperlukan sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik.  Hal ini dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi dengan program Trias UKS,  yaitu Pendidikan Kesehatan,  Pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Sekolah Sehat.

"Walaupun UKS suatu wadah yang sederhana namun perannya bisa meningkatkan kesehatan warga sekolah di lingkungan sekolah, " ujar Sekda.

Sementara itu,  Kabag Kesra, Jamilus mengatakan pelaksanaan kegiatan penguatan ini didasari peraturan bersama 4 Menteri, antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Menteri Kesehatan,  Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang UKS/Madrasah. Selain itu juga berdasarkan Perda tentang penyelenggaraan pendidikan dan Surat Keputusan Walikota Padang  tentang tim pembina UKS periode 2014-2019.

Nara sumber yang dihadirkan dari Biro Mental dan Kesra Provinsi Sumatera Barat,  Dinas Pendidikan Provinsi, Bagian Kesra dan Dinas Kesehatan Kota serta Ruandu Foundation yaitu LSM yang bergerak di bidang perlindungan anak.

"Selain dari instansi pemerintah,  kita menghadirkan juga nara sumber dari LSM yang aktif di bidang perlindungan anak, " imbuh Jamalus. (rel)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: