Jumat, 23 Februari 2018

Prestasi Desa Sikapak Timur Layak Diapresiasi

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Ketika Menerima Penghargaan Dari Kementrian Desa
PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Keberhasilan Desa Sikapak Timur Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman meraih penghargaan bidang pengelolaan sistem keuangan desa atau Siskeudes tingkat Provinsi Sumatera Barat agaknya layak diapresasi.

Pasalnya seperti diakui Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman, prestasi itu jelas sangat motivasi pihaknya untuk lebih serius dalam mengelola keuangan desa ke depannya. Baik itu, pengelolaan Dana Desa (DD) ataupun Dana Alokasi Desa (ADD), yang berasal dari dana APBD lainnya.

“Selama ini kita sifatnya memang selalu terbuka memberikan informasi kepada masyarakat terkait penggunaan dana desa. Baik itu disampaikan melalui baliho atau pengumuman lainnya. Bahkan diantaranya banyak yang kita pajang di sejumlah lokasi strategis. Termasuk di persimpangan jalan dan tempat-tempat umum lainnya,” sebut Syawirman.

Syawirman mengakui, dalam mengelola dan desa, pihaknya dari pemerintahan desa memang selalu bersikap terbuka dan transfaran. Dengan alas an itulah kepada masyarakat turut diberikan keleluasaan untuk bias mengetahui tentang pemanfaatan dana desa dimaksud. Termasuk diantaranya berapa dan untuk apa saja dana tersebut dipergunakan.

Selain itu kepada masyarakat juga diberikan ruang untuk bisa mempertanyakan langsung, untuk apa saja penggunaan dana tersebut. “Makanya dalam berbagai kesempatan kita sering memberikan sosialsasi dan memberikan penjelasan kepada warga yang ingin bertanya tentang penggunaan dana desa tersebut. Karena prinsip kita, setiap dana desa yang kita keluarkan hendaknya perlu diketahui oleh masyarakat,” imbuhnya.

Di pihak lain, Syawirman juga mengakui, keberhasilan Desa Sikapak Timur meraih penghargaan tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam hal pengelolaan desa juga tentunya tidak terlepas dari pembinaan pihak terkait. Terutama pembinaan dari Pemko Pariaman.

Termasuk pembinaan dari pihak DPMD, pihak pemerintahan kecamatan, serta pembinaan pendamping desa tingkat desa hingga kecamatan. Demikian pula halnya kerjasama dan dukungan semua pihak. Baik itu kalangan LPM, BPD dan kerjasama serta dukungan pihak terkait lainnya.

“Karena tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, maka tentunya apapun yang akan kita programkan tidak akan bias berjalan seperti yang diharapkan,” imbuhnya.

Data yang  melalui Kepala Desa Sikapak Timur diketahui, jumlah alokasi dana desa yang dikelola Pemerintahan Desa Sikapak Timur berkisar Rp1,6 miliar. Dimana sekitar 48 persen diantaranya dimanfaatkan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur fisik desa. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: