Senin, 19 Februari 2018

Optimalkan 12,73 KM Garis Pantai Pariaman Siap Jadi Kawasan Tujuan Wisata Utama di Sumbar

Pariaman (Reportase Sumbar), ---Jajaran Pemko Pariaman di bawah kepemimpinan Walikota Mukhlis Rahman dan Wakil Walikota Genius Umar agaknya sangat serius menggarap dan mengembangkan berbagai potensi wisata yang terdapat di kota berjuluk kota Tabuik ini.

Sikap keseriusan itu setidaknya terlihat dari disiapkannya Rencana Induk Pariwisata (RIPDA) Kota Pariaman. Bahkan dalam waktu dekat Ripda dimaksud diharapkan bisa segera memasuki tahap prolegda untuk selanjutnya bisa ditetapkan sebagai Ranperda dan Perda .

Seperti diketahui bentangan pantai Pariaman dengan panjang mencapai 12,73 KM agaknya memang sangat potensial dikembangkan sebagai detinasi wisata lengkap dengan varian dan daya tariknya masing-masing.

Sebut misalnya mulai dari kawasan yang masih terbilang perawan, seperti halnya Teluk Belibis di kawasan Padang Biriak-Biriak, hingga pantai Muaro Sunur yang dulunya dikenal sebagai salah satu kawasan yang sangat penting pada masa lalu.

Demikian pula halnya kawasan Pantai Mangguang yang rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan eko Tourisme, juga ke depannya juga diharapkan  bisa mengundang daya tarik lebih bagi pengunjung agar mau  singgah atau berwisata ke kota Tabuik Pariaman.

Karena itulah seperti diakui Kadis Pariwisata Kota Pariaman, Elvis Candra,  ke depan konsep pengembangan wisata di Kota Pariaman diharapkan tetap bisa  saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya, sehingga diharapkan keberadaannya bisa saling mendukung dalam rangka mewjudkan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata utama di Sumbar.

Hal itu agaknya sangat beralasan, terutama mengingat begitu beragamnya daya tarik wisata yang dimiliki oleh Kota Pariaman, tepatnya di sepanjang garis pantai yang membentang sepanjang 12,73 KM lebih.

Demikian pula halnya potensi pulau-pulau kecil yang menyajikan pemandangan yang begitu eksotik sehingga diyakini bakal mampu memanjakan setiap orang yang mengunjunginya.

Hamparan pasir putih nan landai disertai pemandangan ombak yang berasal dari Samudera lepas juga semakin memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang pernah datang ke Kota Pariaman.

Di sisi lain, Kota Pariaman selama ini juga dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap minggnya, atau pun pada hari besar dan hari libur lainnya.

Sebut misalnya kawasan pantai Kata dan pantai Cermin, dua destinasi wisata yang ada di Kota  Pariaman, di samping pantai Gandoriah dan kawasan lainnya.

Seperti diketahui, seperti terlihat di kawasan pantai Kata misalnya,  sebagai destinasi wisata pantai ini banyak menyajikan panorama alam yang begitu memikat. Mulai dari pasir pantainya yang begitu landai lengkap dengan ombaknya yang sedang. Tidak kalah pentingnya, landscape maupun lingkungan pantainya juga terbilang masih sangat baik, di samping dilengkapi pula rimbunnya pohon-pohon pelindung.

 Begitu pula halnya dengan kawasan pantai Cermin yang terkenal dengan pemandangan sunset nya yang begitu memukau. Selama ini, kawasan ini juga sudah merupakan salah satu lokasi  pavorit bagi pengunjung saat berkunjung ke Kota Pariaman.

Demikian pula  kawasan pantai Gandoriah yang keberadaannya  sudah sangat menyejarah selama ini, sehingga tak heran jika setiap minggunya kawasan ini nyaris selalu  ramai dikunjungi wisatawan. Hal itu agaknya sangat beralasan, karena fasilitas pendukung di kawasan ini juga terbilang sangat komplet, didukung pesona pemandangan laut lepas yang diitari oleh sejumlah pulau-pulau kecil, yang bisa disaksikan secara kasat mata melalui pantai Gandoriah.

Kini, seperti diakui Kadis Pariwisata Kota Pariaman, Elvis Candra, ke depannya pihaknya dari Dinas Pariwisata siap mengembangkan sejumlah destinasi wisata alternatif di Kota Pariaman. Salah satunya, konsep eko tourisme.

“Prinsipnya, melalui konsep eko tourisme tersebut kita tentunya tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, namun juga pelestarian lingkungan alam yang ada di kawasan tersebut juga menjadi turut perhatian khusus bagi kita. Karena kita berharap keberadaan destinasi wisata Kota Pariaman hendaknya juga mampu memberikan suasana yang nyaman dan asri bagi pengunjung, karena bagaimanapun hal itu juga adalah salah satu bagian penting dari pesona wisata itu sendiri,”  sebutnya. (yurisman)








 

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: